Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 dan Sederet Daerah yang Menerapkan Jam Malam...

Kompas.com - 05/09/2020, 09:31 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kini telah melebihi 180.000, tepatnya 187.537 kasus.

Hingga Jumat (4/9/2020) pukul 12.00 WIB, terkonfirmasi ada penambahan 3.269 kasus baru Covid-19.

Seiring dengan bertambah banyaknya kasus tersebut, beberapa wilayah di Indonesia melakukan pencegahan dengan berbagai upaya, salah satunya yakni pemberlakuan jam malam.

Bahkan, kebijakan jam malam ini telah lebih dahulu diberlakukan sejak bulan-bulan yang lalu di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Berkaca dari Kasus Dwayne Johnson dan Atlet Lainnya, Mengapa Olahragawan Bisa Terkena Covid-19?

Lantas, mana saja wilayah yang telah menerapkan kebijakan jam malam?

Aceh

Suasana malam di Simpang Lima, Pusat Kota Banda Aceh, Meski tak drastis ramai, terlihat mulai banyak kendaraan melintasi kawasan ini pasca dicabutnya peraturan penerapan jam malam di Aceh. Sabtu (4/4/2020).KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI Suasana malam di Simpang Lima, Pusat Kota Banda Aceh, Meski tak drastis ramai, terlihat mulai banyak kendaraan melintasi kawasan ini pasca dicabutnya peraturan penerapan jam malam di Aceh. Sabtu (4/4/2020).

Kota Serambi Mekah ini menjadi salah satu daerah yang pernah menerapkan kebijakan jam malam guna memutus mata rantai Covid-19.

Mengutip Antara, Sabtu (4/4/2020), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh mengeluarkan Maklumat Berasama tentang Pembatasan Jam Malam dalam Penanganan Corona Virus Desease 2019 di Aceh.

Maklumat yang turut ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah itu juga menuliskan keharusan bupati/wali kota mengawasi berlakunya jam malam, serta mulai menerapkan jam malam sejak Minggu (29/3/2020).

Namun, pada Sabtu (4/4/20200), pemberlakuan jam malam di Aceh resmi dicabut.

Hal itu ditandai dengan terbitnya Maklumat Bersama Forkopimda Aceh Tentang Pencabutan Penerapan Jam Malam dan Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019.

Baca juga: Saran IDI dan Sulitnya Mencari Kamar Perawatan Covid-19...

Padang

Puluhan warga Desa Aek Bayur dan Kelurahan Silandit, Kota Padangsidimpuan melakukan aksi protes menghadang jalan menolak jenazah Covid-19 dimakamkan di lingkungan mereka, Senin (31/8/2020)KOMPAS.COM/ORYZA PASARIBU Puluhan warga Desa Aek Bayur dan Kelurahan Silandit, Kota Padangsidimpuan melakukan aksi protes menghadang jalan menolak jenazah Covid-19 dimakamkan di lingkungan mereka, Senin (31/8/2020)

Serupa dengan Aceh, Padang juga menjadi saah satu daerah di Pulau Sumatera lain yang pernah menerapkan jam malam.

Wali Kota Padang Mahyeldi sebelumnya telah menerbitkan instruksi pembatasan aktivitas masyarakat bepergian ke luar rumah salah satunya pelarangan bepergian keluar di malam hari dalam rangka pencegahan Covid-19.

Mahyeldi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, warga Padang dilarang keluar rumah mulai pukul 22.00-06.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com