Berkaca dari Kasus Dwayne Johnson dan Atlet Lainnya, Mengapa Olahragawan Bisa Terkena Covid-19?

Kompas.com - 04/09/2020, 13:35 WIB
Aktor Dwayne Johnson menghadiri pemutaran perdana film Moana di Hollywood, California, Senin (14/11/2016). AFP PHOTO / LILLY LAWRENCEAktor Dwayne Johnson menghadiri pemutaran perdana film Moana di Hollywood, California, Senin (14/11/2016).

KOMPAS.com - Aktor laga sekaligus pegulat, Dwayne Johnson mengaku, ia dan keluarganya positif Covid-19 pada Agustus 2020.

Kabar ini menjadi ramai di media sosial lantaran ia dikenal sebagai sosok yang menyukai olahraga dan disebut juga menerapkan pola hidup sehat.

Pegulat yang dijuluki The Rock ini menjelaskan bahwa saat ini ia dan keluarganya telah sembuh dari Covid-19.

Meski begitu, Dwayne berpesan kepada publik agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Tidak hanya Dwayne, sejumlah atlet dunia seperti Neymar Jr dan Paul Pogba juga sempat terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Selain Dwayne Johnson, Siapa Saja Atlet Dunia yang Terinfeksi Covid-19?

Lantas, mengapa olahragawan atau atlet yang juga menerapkan pola hidup sehat dapat terinfeksi Covid-19?

Epidemiolog sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Giovanni van Empel mengungkapkan, virus yang masuk dalam tubuh tidak dibedakan dari profesi atau daya tahannya.

"Sebenarnya mekanisme proses virus itu masuk dan hidup di tubuh kita itu tidak dibedakan dari profesi/daya tahannya. Yang berbeda adalah respons tubuh terhadap virus tersebut setelah masuk ke dalam tubuh," ujar Giovani saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/9/2020).

Menurut dia, reaksi virus bisa beragam, seperti tidak ada gejala sama sekali, gejala ringan, sampai gejala berat.

Baca juga: Saran IDI dan Sulitnya Mencari Kamar Perawatan Covid-19...

Ia menambahkan, dengan beragam reaksi yang masuk ini, terus diteliti hingga definitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X