4 Negara yang Terapkan Jam Malam Selama Libur Hari Raya Idul Fitri

Kompas.com - 25/05/2020, 09:38 WIB
Suasana shalat tarawih yang digelar terbatas bagi petugas setempat di depan Kakbah, Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, pada hari pertama bulan suci Ramadhan di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. ANTARA FOTO/REUTERS/GANOO ESSASuasana shalat tarawih yang digelar terbatas bagi petugas setempat di depan Kakbah, Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, pada hari pertama bulan suci Ramadhan di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

KOMPAS.com - Pembatasan pelonggaran terkait dengan kebijakan menahan penyebaran virus corona mulai dilakukan oleh sejumlah negara.

Namun, hingga kini, kasus-kasus baru virus corona masih dilaporkan setiap harinya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, hari besar umat muslim di dunia, pemerintah di beberapa negara pun memberlakukan kebijakan tertentu untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus corona.

Kebijakan pembatasan secara spesifik tersebut diberlakukan oleh beberapa negara muslim di dunia seperti Arab Saudi, Turki, Irak, dan Mesir.

Keempat negara tersebut memberlakukan jam malam secara spesifik saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Baca juga: Arab Saudi Akan Berlakukan Jam Malam Saat Libur Idul Fitri

1. Arab Saudi

Melansir Al Jazeera, 13 Mei 2020, Arab Saudi akan memberlakukan jam malam 24 jam selama 5 hari libur Idul Fitri.

Penguncian penuh akan diberlakukan dari 23 Mei hingga 27 Mei mendatang, yaitu sesuai dengan akhir dari bulan Ramadhan. 

Hingga saat itu, perusahaan komersial dan bisnis masih tetap dibuka seperti sekarang. Orang-orang juga dapat bergerak bebas antara pukul 9 pagi dan 5 sore waktu setempat.

Namun, aturan tersebut tetap dikecualikan untuk kota suci Mekah yang masih berada di bawah pemberlakuan jam malam penuh. 

Baca juga: Jokowi Didesak Tunda Kirim Jemaah Haji 2020 Tanpa Tunggu Keputusan Arab Saudi

Sebelumnya, negara ini sempat memberlakukan jam malam 24 jam di sebagian besar kotanya, tetapi kemudian melonggarkan aturan tersebut di awal Ramadhan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X