Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Ini 4 Kebiasaan Baik yang Muncul karena Pandemi Covid-19

Kompas.com - 20/05/2020, 12:33 WIB
Virdita Rizki Ratriani

Penulis

KOMPAS.com - Meski disadari atau tidak, ada sejumlah kebiasaan yang cenderung berubah dalam keseharian masyarakat selama pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Beberapa di antaranya positif dari sudut pandang medis.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/5/2020), di antaranya adalah rajin minum air putih, olahraga, berjemur, makan buah dan sayuran maupun mencuci tangan.

Baca juga: Mulai Bosan? Yuk Ngabuburit Virtual ke 5 Tempat Wisata di Sumba

Empat kebiasaan baik selama pandemi corona

Setidaknya terdapat empat kebiasaan baik yang mulai terbentuk di masyarakat selama pandemi corona. Berikut kebiasaan tersebut:

1. Lebih sering mengonsumsi air putih

Medical Expert Combiphar, dr Sandi Perutama Gani mengatakan, salah satu yang berubah ialah 55 persen orang lebih sering mengonsumsi air putih.

"Dulu berapa banyak yang belum konsisten. Kita harapkan (kebiasaan konsumsi air putih lebih banyak) tetap dilakukan," ujar dia dalam virtual media briefing bersama Combiphar, Selasa (19/5/2020).

Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang setidaknya mengosumsi sekitar dua liter per hari dan jumlah ini bisa lebih disesuaikan kegiatan yang mereka lakukan.

Baca juga: Tips Minum Air Putih saat Puasa

2. Rajin cuci tangan

Kebiasaan baik lain yang sekarang ini muncul yakni orang-orang lebih memperhatikan kebersihan tangan mereka. Hasil survei menunjukkan, setidaknya 85 persen melakukan hal ini.

"Perilaku hidup bersih dan sehat, sederhana, bukan hal baru tapi gara-gara Covid-19, kita jadi belajar kembali dan melakukan kembali PHBS. Masyarakat Indonesia jadi lebih sadar, ternyata jorok makan tidak cuci tangan," tutur Sandi.

Banyak penyakit dan ancaman kesehatan yang bisa menyebar dengan tidak mencuci tangan.

Dua penyakit utama yang ditularkan di tangan ialah diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, serta tentu saja saat ini ditambah Covid-19.

Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus penyebab penyakit, patogen ini bisa masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain.

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menjadi yang dianjurkan para pakar kesehatan untuk semua orang usai berkegiatan terutama di luar rumah. Jika tak memungkinkan, cairan pembersih tangan bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Cegah Virus Tak Cukup Cuci Tangan, Perhatikan Cara Mengeringkannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com