Cegah Virus Corona, Ini 4 Kebiasaan Baik yang Muncul karena Pandemi Covid-19

Kompas.com - 20/05/2020, 12:33 WIB
Wastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin Dok. RukitaWastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin

KOMPAS.com - Meski disadari atau tidak, ada sejumlah kebiasaan yang cenderung berubah dalam keseharian masyarakat selama pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Beberapa di antaranya positif dari sudut pandang medis.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/5/2020), di antaranya adalah rajin minum air putih, olahraga, berjemur, makan buah dan sayuran maupun mencuci tangan.

Baca juga: Mulai Bosan? Yuk Ngabuburit Virtual ke 5 Tempat Wisata di Sumba

Empat kebiasaan baik selama pandemi corona

Setidaknya terdapat empat kebiasaan baik yang mulai terbentuk di masyarakat selama pandemi corona. Berikut kebiasaan tersebut:

1. Lebih sering mengonsumsi air putih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Medical Expert Combiphar, dr Sandi Perutama Gani mengatakan, salah satu yang berubah ialah 55 persen orang lebih sering mengonsumsi air putih.

"Dulu berapa banyak yang belum konsisten. Kita harapkan (kebiasaan konsumsi air putih lebih banyak) tetap dilakukan," ujar dia dalam virtual media briefing bersama Combiphar, Selasa (19/5/2020).

Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang setidaknya mengosumsi sekitar dua liter per hari dan jumlah ini bisa lebih disesuaikan kegiatan yang mereka lakukan.

Baca juga: Tips Minum Air Putih saat Puasa

2. Rajin cuci tangan

Kebiasaan baik lain yang sekarang ini muncul yakni orang-orang lebih memperhatikan kebersihan tangan mereka. Hasil survei menunjukkan, setidaknya 85 persen melakukan hal ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X