"Ngamen Ilustrasi" Aksi Komunitas Komik Riau Bantu Lindungi Warga dari Kabut Asap

Kompas.com - 14/09/2019, 07:45 WIB
Komunitas Komik Riau mengadakan aksi solidaritas Ngamen Ilustrasi guna membantu warga Riau yang terdampak kabut asap. Twitter: @dhanypramataKomunitas Komik Riau mengadakan aksi solidaritas Ngamen Ilustrasi guna membantu warga Riau yang terdampak kabut asap.

KOMPAS.com - Kabut asap yang muncul akibat residu dari kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) di Pekanbaru, Riau membuat sejumlah warga mengalami kesulitan melihat jarak pandang jalan, terutama bagi pengendara bermotor.

Diketahui, karhutla ini terjadi sejak Selasa (10/9/2019).

Tidak hanya kesulitan melihat jarak pandang, kabut asap ini juga membuat warga mengalami sesak napas.

Mengetahui hal itu, salah satu akun Twitter @dhanypramata mengunggah twit berisi ajakan aksi solidaritas dari komunitas Komik Riau terhadap kabut asap pada Jumat (13/9/2019).

Sekumpulan pembuat komik yang tergabung dalam komunitas Komik Riau mengadakan donasi "Ngamen Ilustrasi" guna membantu masyarakat yang terdampak kabut asap.

"Kami mengadakan donasi ilustrasi seperti ini, di mana ilustrasi yang dibuat itu merupakan kartun atau tidak realis," ujar anggota Komik Riau, Kartika Tri Purnama saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Riau Dikepung Kabut Asap, Greenpeace: Ini Indikasi Kegagalan Pemerintah

Kartika menjelaskan bahwa pihaknya mengumpulkan semua orang yang ingin berdonasi terlebih dulu selama 3 hari, terhitung mulai Jumat-Minggu (13-15/9/2019).

Kemudian, para pemesan ini diperbolehkan memilih seorang ilustrator dari 15 ilustrator yang turut membantu aksi ini, yakni @komiksiomet, @barryekolesmana, @k.art.ikaa, @syarfannafian, @yosidwiharini, @sikacamatagila, @selasiban_komik, @alfariziand, @quote_komiik, @marilhaphap, @aadoyy, @keichanart, @naabchoco, @si.hiya, dan @rizkom.ik.

"Calon pemesan memilih apakah mereka ingin dibuatkan illustrasi oleh illustator yg mana dan gambar akan dibuat sesuai style mereka masing-masing," ujar Kartika.

Setelah terkumpul dan ditentukan jenis ilustrasinya, orang yang ingin berdonasi diminta untuk mentransfer uang sejumlah Rp 30.000 ke rekening BRI Syariah 1027029497 atas nama Kartika Tri Purnama sebagai tanda keseriusan para calon donatur.

Polusi Udara

Adapun uang tersebut nantinya akan dibelikan sekotak masker bedah biasa untuk melindungi warga dari polusi udara atau kabut asap.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X