Dari Morina hingga Esemka, Penantian Panjang Industri Mobil Dalam Negeri

Kompas.com - 06/09/2019, 18:06 WIB
Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Foto: Setpres Agus SupraptoPresiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.


KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) akhirnya meresmikan pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi- Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Diberitakan Kompas.com (6/9/2019), Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya menjelaskan bahwa pabrik dan fasilitas Esemka semuanya dikerjakan oleh anak bangsa.

Dengan diresmikannya pabrik mobil Esemka tersebut, menjadi harapan baru bahwa industri otomotif nasional akan bergeliat.

Meski mobil ini diyakini murni buatan Indonesia, pihak Esemka menolak untuk menyandang status sebagai mobil nasional (mobnas). Sebab, Esemka merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang pembuatan atau produksi mobil.

Lebih lanjut, Esemka diklaim beroperasi tanpa adanya fasilitas khusus dari pemerintah atau sama dengan pabrik model lain.

Menilik ke belakang, upaya merintis produk otomotif dalam negeri utamanya terkait mobil nasional sudah dilakukan lebih dari 43 tahun lalu, atau sejak 1976. Namun upaya tersebut selalu menemui jalan buntu. Hal itu sebagaimana diberitakan Harian Kompas, 13 Januari 2012.

Setidaknya ada 13 calon mobil nasional, di luar Esemka (Bima 1.2 dan 1.3) yang pernah lahir di Indonesia. Baik yang sejak dirancang hingga dibangun dan dilakukan oleh anak bangsa sendiri ataupun produk yang sengaja diimpor kemudian diberi nama khas Indonesia.

Baca juga: Sukiyat, Jokowi, dan Awal Mula Mobil Esemka

Impor Kendaraan

Sebenarnya, pada tahun 1974 pemerintah pernah mengeluarkan kebijakan impor kendaraan secara utuh. Hal tersebut bertujuan membangun industri otomotif dalam negeri.

Saat itu, hanya agen tunggal yang memegang merek yang diperbolehkan untuk mengimpor kendaraan dalam bentuk rakitan.

Pada tahun 1976, industri otomotif nasional mencatat munculnya mobil rakyat Indonesia (Morina).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X