Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Waktu Ideal Karyawan Bisa Pindah Bekerja?

Beberapa orang akan memilih untuk tetap tinggal dan loyal terhadap satu perusahaan, namun beberapa lainnya ingin menjadikan perusahaan tersebut sebagai batu loncatan untuk kariernya ke depan.

Pembahasan mengenai lama bekerja di sebuah perusahaan, ramai menjadi perbincangan setelah diungkapkan oleh warganet di media sosial X (Twitter) @worksfess, Minggu (26/11/2023).

"Work! Kerja 1 tahun trs resign disangka kutu loncat. Kerja 5 tahun ga resign disangka katak dalam tempurung. Jd idealnya gmn ya utk pengembangan karier kedepannya? Kudu stay brp lama?," tulis unggahan tersebut.

Hingga Minggu (26/11/2023) sore, unggahan tersebut telah dilihat sebanyak 61.000 kali dan mendapatkan lebih dari 90 komentar dari warganet.

Lantas, berapa waktu ideal untuk mengembangkan karier sebelum memutuskan pindah ke perusahaan lain?

Saran konsultan karier

Menurut konsultan pendidikan dan karier sekaligus CEO Jurusanku.com, Ina Liem mengatakan, secara umum waktu ideal untuk pengembangan karier di suatu perusahaan minimal adalah tiga tahun.

"Minimal 3 tahun akan terlihat bagus. Tapi zaman sekarang mungkin lebih sulit, apalagi banyak perusahaan start up yang waktunya lebih cepat, mungkin 1-2 tahun," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (26/11/2023).

Ina melanjutkan, namun bila terlalu sering pindah perusahaan dalam jangka waktu singkat, itu juga bukan hal yang bagus untuk dilakukan.

"Terlalu cepat pindah juga bisa menimbulkan tanda tanya, apa mungkin sulit berkolaborasi dengan rekan kerja atau pimpinan, mungkin tidak tahan banting?" kata dia.

Kendati demikin, pada beberapa kasus, misalnya yang bersangkutan sudah sangat cepat membuktikan prestasi di tempat kerjanya, sehingga ia justru diambil oleh perusahaan lain tanpa waktu lama.

Waktu idealnya berbeda-beda setiap individu

Ia mengungkapkan, sebenarnya tidak ada waktu ideal dan setiap orang akan memiliki waktu ideal yang berbeda-beda.

"Yang penting adalah adanya tolok ukur yang jelas kalau kita keluar dalam waktu lebih singkat dibanding harapan pada umumnya. Meskipun secara umum 2-3 tahun kira-kira," jelas Ina.

Selain itu kata Ina, pertimbangan juga bisa diambil tergantung tipe perusahaan. Ini lantaran, ada perusahaan yang menghargai loyalitas karyawannya dan ada juga yang tidak menghargai.

"Jadi yang lama bertahan masih terbuka banyak peluang di perusahaan-perusahaan seperti ini," jelasnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/26/180000865/berapa-lama-waktu-ideal-karyawan-bisa-pindah-bekerja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke