Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Gim Online Roblox Berbahaya bagi Anak?

Kematian CHR (16) masih menyisakan misteri usai polisi menemukan pesan di akun gim Roblox miliknya.

"Ditemukan status di akun Roblox korban, bertuliskan, 'Hi, if you see this, i'm probably already dead'," kata Kapolres Jakarta Timur Kombes (Pol) Leonardus Simarmata, dilansir dari Kompas.com (27/9/2023).

Polisi tengah menyelidiki apakah tulisan itu berkaitan dengan tewasnya CHR atau tidak.

Namun, dari delapan saksi yang diperiksa, polisi mengetahui bahwa korban memang gemar bermain gim online.

Roblox bukan permainan online yang asing. Roblox adalah multiplayer gaming experience yang dibuat untuk anak-anak dan remaja.

Lantas, apakah Roblox berbahaya?

Sisi gelap gim Roblox

Diberitakan sebelumnya, gim Roblox terlihat tidak berbahaya. Namun, permainan online tersebut memiliki "sisi gelap" yang sebaiknya diwaspadai oleh orangtua.

Gim populer yang dimainkan anak dan remaja itu memang memiliki penampilan yang menipu karena penuh dengan warna cerah dan karakter ala kartun sehingga membuat orangtua lengah.

Padahal, beberapa pihak mengatakan bahwa permainan tersebut tidak sesuai bagi anak-anak.

Sebab, melalui platrom Roblox, pengguna dapat memainkan dan membuat gim mereka sendiri.

Artinya, ada beberapa room dan area dalam gim yang tak aman bagi anak, seperti room yang berisi strip klub virtual.

Roblox sendiri memiliki standar komunitas yang melarang pembuatan gim dan ruangan semacam itu.

Namun sulit untuk mendeteksi konten yang tidak pantas karena biasanya room semacam itu dibuat secepat mungkin, lalu dihapus.

Risiko gim Roblox menurut ahli

Kepala pengasuhan anak di aplikasi kontrol orang tua Bark dan penulis Parenting in a Tech World, Titania Jordan mengungkap salah satu masalah keamanan pada aplikasi Roblox.

Menurutnya, aplikasi gim online tersebut berisiko membuat anak-anak sebagai penggunanya berinteraksi dengan "predator" dalam sebuah obrolan.

"Seperti banyak platform permainan lainnya, Roblox memiliki elemen pengawasan mandiri termasuk moderator dan aturan, tetapi selalu ada cara bagi individu dengan niat yang salah untuk masuk ke platform dan masuk ke ruang obrolan anak Anda," kata Jordan, dilansir dari Parents.

Dia merujuk pada kasus 2019 di Inggris di mana seorang ibu mengetahui bahwa putranya sedang didekati oleh seorang predator di platform tersebut yang berujung pada penerimaan gambar-gambar eksplisit secara seksual di aplikasi chatting pihak ketiga yang tidak berafiliasi dengan Roblox.

Risiko lainnya adalah paparan konten yang tak pantas bagi anak-anak melalui gim buatan pengguna yang menampilkan konten dewasa, seperti simulasi tindakan seks, gambar grafis, dan bahasa yang tidak pantas.

Diblokir Sony karena keamanan

Perusahaan gim raksasa Sony memutuskan memblokir Roblox di PlayStation karena masalah keamanan anak-anak yang mengkhawatirkan.

Mereka khawatir dunia virtual yang ditawarkan Roblox memberikan kebebasan yang mengekspos anak-anak ke konten yang tidak pantas dan potensi predator.

Dengan komitmen yang teguh untuk melindungi audiens mudanya, Sony memutuskan untuk memblokir Roblox dari ekosistem gimnya.

"Kami sangat berhati-hati dalam membuka akses ke apa pun yang berpotensi mengeksploitasi mereka," kata Bos PlayStation, Jim Ryan, dikutip dari HNGN.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa perusahaan raksasa Jepang tersebut kemungkinan akan mempertimbangkan keputusannya.

Berapa rate usia untuk bermain Roblox?

Tidak ada batasan usia untuk anak-anak dapat bermain Roblox, tetapi Common Sense Media menilai platform ini aman untuk pengguna berusia 13+.

"Roblox juga berpotensi aman untuk anak-anak yang lebih muda dari itu jika pembatasan akun diaktifkan, dan orangtua memperhatikan aktivitas anak-anak mereka di platform," tulisnya.

Pada akhir 2021, Roblox meluncurkan verifikasi usia yang mengharuskan anak berusia 13 tahun ke atas untuk memverifikasi usia mereka menggunakan kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah.

"Namun, orangtua harus ingat bahwa memverifikasi usia anak memberi mereka akses ke lebih banyak fitur, seperti obrolan suara, yang dapat membawa risiko tambahan," jelas direktur kampanye ParentsTogether, Shelby Knox, dilansir dari Parents.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/29/120100465/apakah-gim-online-roblox-berbahaya-bagi-anak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke