Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Plus Minus Mengonsumsi Air Jahe, Kenali Manfaat dan Risikonya

KOMPAS.com - Air jahe atau yang sering diseduh dalam bentuk teh jahe adalah minuman herbal yang biasanya digunakan untuk membantu menghangatkan tubuh.

Ia juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berkat khasiatnya, jahe umum digunakan dalam makanan dan obat-obatan di seluruh dunia.

Meski memiliki segudang manfaat, air atau teh jahe juga memiliki beberapa risiko ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat dan risiko mengonsumsi air jahe.

Manfaat minum air jahe

Air jahe atau teh jahe adalah ramuan herbal yang dapat dibuat dengan mudah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi nyeri

Dilansir dari laman Medical News Today, air jahe dapat membantu mengurangi beberapa jenis nyeri.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang menderita nyeri migrain, diketahui menggunakan jahe sebagai terapi tambahan lebih baik daripada hanya mengonsumsi obat pereda nyeri.

2. Kontrol gula darah

Air jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah puasa pada seseorang yang menderita diabetes tipe 2.

Dalam sebuah studi pada diabetes tipe 2, diketahui jahe membantu menurunkan gula darah puasa yang signifikan.

3. Mencegah mual

Dilansir laman BBC Good Food, teh jahe mungkin paling terkenal karena potensinya untuk meredakan masalah pencernaan, dan khususnya membantu meredakan mual.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman herbal ini sama efektifnya dengan beberapa obat, namun dengan efek samping kecil, dalam kasus morning sickness (mual di pagi hari).

4. Anti inflamasi

Jahe mengandung fitonutrien utama yang dikenal sebagai gingerol, dan penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat memiliki efek antimikroba dan anti-inflamasi.

Ketika Anda mengonsumsinya sebagai teh, akan dapat membantu mendukung mikrobioma yang sehat.

5. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2017, diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi jahe setiap hari mengalami penurunan risiko hipertensi.

Meskipun penelitian ini tidak mengamati secara spesifik teh jahe, mengonsumsi teh jahe mungkin bermanfaat jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

6. Kaya antioksidan

Jahe mengandung antioksidan tinggi dan terbukti memiliki efek antiproliferatif pada sel tumor, khususnya kanker pankreas dan usus besar.

Mengonsumsi teh jahe secara teratur disebut dapat memberikan efek pencegahan.

Dikutip dari laman Healthline, efek samping dari mengonsumsi air jahe jarang terjadi, namun jika diminum secara berlebihan, berisiko menimbulkan efek berikut:

  • Maag atau sensasi nyeri/panas di dada
  • Gas
  • Diare
  • Sakit perut
  • Sensasi terbakar di mulut.

Hindari mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe setiap hari dalam bentuk apa pun.

Terlebih orang dengan penyakit jantung, diabetes, dan batu empedu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe sebagai suplemen.

Anda juga harus berkonsultasi tentang keamanan mengonsumsi jahe jika sedang hamil, menyusui, atau akan menjalani operasi.

Seperti halnya ramuan atau suplemen apa pun, jahe mungkin dapat berinteraksi buruk dengan obat lain yang sedang Anda minum.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang megonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan dengan dokter apakah boleh minum teh jahe atau tidak.

Menurut Pusat Kesehatan Komplementer dan Integratif Nasional NIH, ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah.

Meskipun masih berupa penelitian sederhana, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum air jahe.

Dokter menyarankan untuk mengonsumsi ekstrak jahe maksimal 3–4 gram per hari. Untuk wanita hamil, jangan mengonsumsi lebih dari 1 gram ekstrak jahe per hari.

Selain itu, jahe tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Saat ingin membuat teh jahe, gunakan sedikit jahe mentah. Karena nutrisi tertentu dalam jahe terkonsentrasi saat dipanaskan.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/26/074500565/plus-minus-mengonsumsi-air-jahe-kenali-manfaat-dan-risikonya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke