Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Manfaat Musik secara Psikologis, Bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Memori

KOMPAS.com - Mendengarkan musik menjadi salah satu aktivitas yang cukup populer bagi kebanyakan orang.

Selain menghibur, musik juga diketahui memiliki “kekuatan” untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Anggapan bahwa musik dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku Anda mungkin tidak terlalu mengejutkan.

Misalnya, seseorang bisa menjadi bersemangat saat mendengarkan lagu bertempo cepat atau meneteskan air mata oleh lagu-lagu yang syahdu.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat psikologis dari mendengarkan musik:

1. Meningkatkan kinerja kognitif

Dilansir dari laman Verywell Mind, mendengarkan musik diketahui dapat meningkatkan kinerja kognitif seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa musik latar, atau musik yang diputar saat seseorang berfokus pada aktivitas lain, dapat meningkatkan kinerja tugas kognitif pada lansia.

Satu studi menemukan bahwa memainkan musik yang lebih bersemangat menghasilkan peningkatan dalam kecepatan pemrosesan.

Salah satu manfaat musik bagi mental adalah membantu mengurangi atau mengelola stres. Khususnya musik meditatif yang menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, khususnya sistem saraf otonom.

Mereka yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah stresor.

3. Membantu mengatasi rasa sakit

Satu studi terhadap pasien fibromyalgia menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik satu jam sehari selama empat minggu mengalami penurunan yang signifikan dalam rasa sakit dan depresi.

Tinjauan penelitian pada 2015 juga menemukan manfaat efek musik pada manajemen nyeri pasien yang dioperasi.

Diketahui, pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau bahkan setelah operasi mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kecemasan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi solusi yang aman, efektif, dan terjangkau untuk penderita insonia.

Penelitian lain menemukan bahwa mendengarkan musik membuat kualitas tidur lebih baik daripada mendengarkan audiobook atau tidak menerima intervensi.

5. Meningkatkan mood

Manfaat lain dari musik yang didukung sains adalah musik bisa meningkatkan mood dan membuat Anda lebih bahagia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati.

6. Dapat meningkatkan daya ingat

Dilansir dari laman Healthline, mendengarkan musik diketahui dapat merangsang otak dan memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal.

Selain itu, musik diketahui dapat memperlambat penurunan kognitif, membantu orang dengan demensia ringan atau sedang mengingat episode dari kehidupan mereka.

Memori musik adalah salah satu fungsi otak yang paling tahan terhadap demensia. Itulah mengapa beberapa pengasuh berhasil menggunakan musik untuk menenangkan pasien demensia dan membangun hubungan saling percaya dengan mereka.

Peneliti saraf telah menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan keterhubungan sosial bagi penderita skizofrenia.

8. Membantu menurunkan kecemasan

Ada banyak bukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu menenangkan Anda dalam situasi di mana Anda merasa cemas.

Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang di rehabilitasi setelah stroke lebih rileks setelah mendengarkan musik selama satu jam.

Studi serupa menunjukkan bahwa musik yang dipadukan dengan suara alam membantu orang merasa tidak terlalu cemas.

9. Mengurangi gejala depresi

Sebuah tinjauan penelitian 2017 menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama klasik yang dikombinasikan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi.

Tinjauan penelitian yang sama menemukan bahwa sesi perkusi grup juga memiliki manfaat di atas rata-rata bagi orang yang mengalami depresi.

Namun, sebuah catatan penting, penelitian juga menemukan bahwa lagu sedih nostalgia justru dapat meningkatkan gejala depresi.

Terutama jika Anda cenderung merenung atau menarik diri secara sosial. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan musik yang tepat.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/16/094500965/9-manfaat-musik-secara-psikologis-bisa-mengurangi-stres-dan-meningkatkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke