Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kemenhub Hentikan Uji Coba LRT Jabodebek Mulai 17 Juli 2023

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk menghentikan uji coba light rail transit (LRT) Jabodebek mulai 17 Juli 2023.

Padahal, sebelumnya LRT Jabodebek telah mengumumkan bahwa moda transportasi baru ini diujicobakan pada 12 Juli-15 Agustus 2023.

Masyarakat bisa mengikuti uji coba dengan tarif Rp 1 sebelum LRT Jabodebek diluncurkan pada 18 Agustus 2023.

Namun, mereka diharuskan mendaftar melalui link yang telah dibagikan di akun media sosial LRT Jabodebek pada 10 Juli 2023.

Setelah berlangsung selama 4 hari, apa alasan Kemenhub menghentikan uji coba LRT Jabodebek?

Penjelasan Kemenhub

LRT yang dijujicobakan secara terbatas dihentikan operasionalnya mulai 17 Juli 2023. Hal ini akan berlangsung hingga 20 Juli 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, uji coba LRT Jabodebek dihentikan untuk penyempurnaan sistem.

Keputusan tersebut, kata Risal, diambil Kemenhub setelah uji coba LRT Jabodebek memasuki hari keempat.

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan, termasuk penyempurnaan pada sistem software," katanya, dikutip dari Kompas.id, Senin (17/7/2023)

Ia menambahkan, Direktorat Jenderal Perkereta Apian (DJKA) telah meminta kontraktor untuk melakukan perbaikan tersebut.

"Ada beberapa perbaikan yang kami minta kepada kontraktor untyuk peningkatan layanan, termasuk pintu dan laju kereta," jelas Risal.

LRT Jabodebek lakukan pembaruan software ATS

Terpisah, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyampaikan permohonan maaf atas penghentian uji coba LRT Kabodebek mulai 17 Juli 2023.

Ia juga berharap masyarakat dapat segera menjajal LRT Jabodebek setelah pembaruan selesai dilakukan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini. Semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," ujarnya.

Lebih lanjut, Kuswardojo menjelaskan, LRT Jabodebek saat ini sedang melakukan pembaruan automatic system train (ATS) yang akan dipasang di seluruh kereta dan stasiun.

Dengan pembaruan tersebut maka agenda uji coba LRT Jabodebek yang semula dijadwalkan pada 17 Juli-15 Agustus dihentikan pada hari keempat sampai ketujuh.

"Sistem ini salah satunya untuk mengatur pergerakan kereta sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan dan menghindari kesalahan pembentukan rute," jelasnya.

LRT Jabodebek akan lakukan trail run

Risal juga menuturkan, pihaknya masih akan melakukan trial run selepas pembaruan selesai sebelum LRT dibuka untuk umum.

"Kami akan lakukan trial run pada 21-23 Juli ini," ujar Risal, dikutip dari Kompas.com Senin (17/7/2023).

"Lalu dilanjutkan dengan uji coba operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," pungkasnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/17/163000565/alasan-kemenhub-hentikan-uji-coba-lrt-jabodebek-mulai-17-juli-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke