Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sampah Makanan, Logika Konsumsi dan "Ecology Selfhood"

Berdasarkan perpektif ekonomi pembiayaan, demikian laporan Kompas.id pada 19 Mei 2022, rata-rata setiap orang Indonesia membuang makanan setara Rp 2,1 juta per tahun. Bahkan nilai sampah makanan di Indonesia mencapai Rp 330 triliun per tahun.

Sama seperti jenis sampah yang lain, sampah makanan merupakan persoalan rumit dan kompleks karena berada dalam lingkup ekologi dan lingkungan. Ekologi berhubungan dengan kehidupan yang terdapat pada berbagai jenis spesies makhluk hidup, yang menempati habitat dan ekosistem. Lingkungan berhubungan dengan konteks kehidupan sosial, ekonomi-politik, dan material manusia (Rodney L. Petersen, 1993, 2007).

Jadi, sampah berkaitan dengan kehidupan yang berlangsung dalam sebuah ekosistem dan berkaitan dengan sikap dan perilaku manusia. Dalam dua lingkup tersebut terdapat banyak segi yang terdampak langsung oleh sampah makanan.

Pola konsumsi, kesehatan manusia, kesehatan lingkungan, ketersediaan pangan sehat, ekonomi-politik pangan, tata-kelola sampah makanan, merupakan beberapa segi yang terdampak langsung oleh sampah makanan.

Sampah makanan yang tidak dikelola dengan baik dan benar akan menimbulkan gas metana. Gas ini berkontribusi terhadap pemanasan global dan perubahan iklim.

Dari sekian banyak jenis sampah, sampah makanan merupakan persoalan yang berkaitan langsung dengan diri manusia. Hanya manusia yang memproduksi sampah makanan. Tidak ada makhluk hidup lain yang memproduksi sampah makanan.

Karena itu, produksi sampah makanan terkait langsung dengan dua hal mendasar pada manusia, yakni logika konsumsi dan citra diri ekologis (selfhood ecology).

Logika Konsumsi

Dewasa ini fenomena mengonsumsi makanan tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan biologis dan menjaga kesehatan ragawi. Fenomena konsumsi makanan telah dan terus menjadi antara lain gaya hidup, sarana gerakan politik, dan jalan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Makan bersama pun merupakan gerakan politik. Membangun kerja sama politik atau menurunkan ketegangan politik ditempuh melalui acara makan bersama. Agenda-agenda politik dapat disepakati para pihak seraya mengelilingi meja makan, mengunyah makanan dan menyeruput minuman.

Dalam kerangka itu, mengonsumsi makanan merupakan modus operandi politik. Ekonomi sebuah negara dapat diperkokoh dengan menggerakkan konsumsi makanan. Tentunya, konsumsi makanan hanya salah satu unsur dari kebijakan ekonomi konsumsi negara. Bukan satu-satunya.

Meski demikian, perdagangan makanan baik dalam skala besar, sedang, maupun kecil berkontribusi signifikan bagi kehidupan ekonomi masyarakat.

Beberapa fenomena konsumsi makanan tersebut sesungguhnya berhubungan erat dengan mekanisme biologis tubuh manusia. Mekanisme ini berlangsung dalam ketegangan antara hasrat dan kebutuhan. Hasrat maupun kebutuhan masing-masing mempunyai logika operasional.

Mengonsumsi makanan merupakan tindakan manusia yang berhubungan erat secara langsung dengan mekanisme biologis tubuh manusia. Dalam mekanisme ini hasrat tak pernah terpenuhi secara final. Hasrat senantiasa meminta dipenuhi secara terus-menerus.

Hal ini menunjukkan bahwa logika yang berlaku dalam hasrat adalah “logika kurang”, hasrat senantiasa mengalami kekurangan. Oleh karenanya, hasrat senantiasa dipenuhi terus-menerus.

Bila mengonsumsi makanan bertumpu pada logika kebutuhan, maka makanan dikonsumsi pun proporsional dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menggunakan logika ini, makanan dihabiskan sekali makan pada momen tertentu.

Jadi, mengonsumsi makanan berdasarkan logika kebutuhan, berdampak rendah pada produksi sampah makanan. Sebaliknya bila “logika kurang” dari hasrat yang menggerakkan pola konsumsi makanan, maka makanan yang dikonsumsi berdasarkan keinginan.

Seseorang membeli makanan dalam porsi besar sesuai keinginannya. Tetapi saat memakan makanan, ada momen sudah merasa kenyang. Padahal, makanan yang dibeli tersisa. Sudah barang tentu, makanan sisa menjadi sampah.

Jadi, “logika kurang” dari hasrat yang menggerakan pola konsumsi berdampak signifikan pada produksi sampah makanan. Prinsip konsumsi yang bekerja dalam logika hasrat adalah enak-tidak enak atau suka-tidak suka. Makanan enak disuka dan dikonsumsi. Makanan tidak enak, tidak disuka, dan tidak dikonsumsi.

Manusia yang pola konsumsinya berdasarkan logika dan prinsip ini, memiliki kencendrungan sebagai “pemburu” kuliner.

Prinsip konsumsi yang bekerja dalam logika kebutuhan adalah sehat-tidak sehat, memilih konsumsi makanan atas dasar pertimbangan kesehatan untuk tubuh.

Filsuf eksistensialisme Soren Kierkegaard (Thomas Hidya Tjaya, 2018), menempatkan dinamika eksistensi diri manusia dalam logika konsumsi berdasarkan hasrat adalah manusia estetis. Pada level ini, manusia yang mengonsumsi makanan karena digerakkan oleh semangat kenikmatan.

Sedangkan dinamika diri manusia dalam logika konsumsi kebutuhan adalah manusia etis. Pada level etis, manusia mengonsumsi makanan berdasarkan pertimbangan baik-buruk untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan karena baik untuk kesehatan tubuh. Menolak konsumsi makanan karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tantangan serius mengurangi produksi sampah makanan dimulai dengan menyikapi secara cermat logika yang dominan menggerakkan pola konsumsi makanan. Tentunya, logika kebutuhan menjadi acuan mengonsumsi makanan. Dengan demikian, makanan dikonsunsi secara proporsional sekaligus sebagai upaya mengatasi masalah sampah makanan.

Citra Diri Ekologis

Mencermati logika konsumsi dan mengatasi masalah sampah makanan merupakan bagian integral dari aneka kapasitas diri manusia. Setiap orang memiliki kapasitas untuk berpikir, merasakan, dan menghubungkan diri dengan lingkungan alam. Aneka kapasitas tersebut merupakan bagian inheren dalam ontologi (hakekat) diri manusia.

Jadi, memeriksa logika konsumsi dan upaya meminimalkan sampah makanan merupakan cara manusia mengungkapkan kapasitas ekologis dirinya.

Dalam konteks berbagai persoalan lingkungan yang berskala global seperti pemanasan global dan perubahan iklim ekstrem, aneka kapasitas diri manusia tersebut memerlukan upaya yang serius agar manusia mempunyai citra diri ekologis (Adam Riggio, 2015).

Sesungguhnya citra diri ekologis (ecology selfhood) berakar pada watak intensional dari kapasitas diri manusia. Intensionalitas atau keterarahan diri manusia terarah pada lingkungan alam. Bahkan intensionalitas tersebut merupakan konstitusi dari diri manusia.

Keterarahan diri pada lingkungan alam menimbulkan manusia merasa asing karena diri manusia berlainan sama sekali dengan segala hal yang non-manusia. Di hadapan tumbuhan, binatang, bebatuan, laut, air, dan segenap isi alam lainnya, manusia menemukan dirinya lain sama sekali.

Akan tetapi timbul pertanyaan lebih lanjut: bersamaan dengan rasa asing, mengapa diri manusia terarah kepada segala hal yang non-manusia di dalam alam ini?

Pertanyaan ini sekaligus merupakan kemungkinan bagi upaya membangun citra diri ekologis. Mengalami secara langsung alam dengan tubuh biologis merupakan awal mula membangun citra diri ekologis.

Pengalaman langsung tersebut terjadi karena “tubuh terarah kepada alam,” kata filsuf Merleau-Ponty (John R White, 2017). Tubuh memiliki sensitivitas korporeal terhadap lingkungan alam. Tubuh mampu memberi reaksi terhadap sampah makanan seperti makanan basi, ikan, dan sayuran yang membusuk.

Keterarahan tubuh terhadap alam dan sensivitas tubuh yang lahir dari pengalaman langsung dengan alam oleh karena struktur autopoieis tubuh manusia. Kumpulan molekul dan karbon dalam tubuh manusia memampukan tubuh bereaksi terhadap berbagai keadaan lingkungan dan memungkinkan manusia mempersepsikan pengalaman tersebut (Adam Riggio, 2015).

Dengan demikian, struktur autopoiesis ragawi dan persepsi atas pengalaman langsung merupakan fundasi bagi upaya mengonstruksikan citra diri ekologis. Citra diri ekologis merupakan basis antropologis etika lingkungan. Keberadaan manusia dalam etika lingkungan dengan basis antropologis yang demikian, adalah manusia yang hidupnya saling tergantung dengan alam.

Tindakan mengatasi masalah sampah makanan seperti mencermati logika konsumsi, mengendalikan pola konsumsi, dan mengolah sampah makanan untuk menghasilkan energi biogas, merupakan modus operandi etika lingkungan berbasis citra diri ekologis. Dengan demikian, manusia hakekat diri, sikap dan tindakan manusia senantiasa tidak melahirkan persoalan baru bagi lingkungan hidup dan tetap menunjang kehidupan di Bumi ini.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/03/094236265/sampah-makanan-logika-konsumsi-dan-ecology-selfhood

Terkini Lainnya

[POPULER TREN] Tanda Kolesterol Tinggi yang Kerap Diabaikan | Bantah Bunuh Vina, Pegi Tetap Diancam Hukuman Mati

[POPULER TREN] Tanda Kolesterol Tinggi yang Kerap Diabaikan | Bantah Bunuh Vina, Pegi Tetap Diancam Hukuman Mati

Tren
Matahari Tepat di Atas Kabah, Saatnya Cek Arah Kiblat

Matahari Tepat di Atas Kabah, Saatnya Cek Arah Kiblat

Tren
Kekuasaan Sejarah

Kekuasaan Sejarah

Tren
Kisah Alfiana, Penari Belia yang Rela Sisihkan Honor Demi Berhaji, Jadi Salah Satu Jemaah Termuda

Kisah Alfiana, Penari Belia yang Rela Sisihkan Honor Demi Berhaji, Jadi Salah Satu Jemaah Termuda

Tren
Jokowi Luncurkan Aplikasi Terpadu INA Digital, Bisa Urus SIM, IKD, dan Bansos

Jokowi Luncurkan Aplikasi Terpadu INA Digital, Bisa Urus SIM, IKD, dan Bansos

Tren
Biaya UKT Universitas Muhammadiyah Maumere, Bisa Dibayar Pakai Hasil Bumi atau Dicicil

Biaya UKT Universitas Muhammadiyah Maumere, Bisa Dibayar Pakai Hasil Bumi atau Dicicil

Tren
Pegi Bantah Telah Membunuh Vina, Apakah Berpengaruh pada Proses Hukum?

Pegi Bantah Telah Membunuh Vina, Apakah Berpengaruh pada Proses Hukum?

Tren
Singapura Tarik Produk Kacang Impor Ini karena Risiko Kesehatan, Apakah Beredar di Indonesia?

Singapura Tarik Produk Kacang Impor Ini karena Risiko Kesehatan, Apakah Beredar di Indonesia?

Tren
Maskot Pilkada DKI Jakarta Disebut Mirip Kartun Shimajiro, KPU Buka Suara

Maskot Pilkada DKI Jakarta Disebut Mirip Kartun Shimajiro, KPU Buka Suara

Tren
Ramai di Media Sosial, Bagaimana Penilaian Tes Learning Agility Rekrutmen BUMN?

Ramai di Media Sosial, Bagaimana Penilaian Tes Learning Agility Rekrutmen BUMN?

Tren
Batalkan Kenaikan UKT, Nadiem: Kalau Ada Kenaikan Harus Adil dan Wajar

Batalkan Kenaikan UKT, Nadiem: Kalau Ada Kenaikan Harus Adil dan Wajar

Tren
Buntut Pencatutan Nama di Karya Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Dicopot dari Dekan dan Dosen FEB Unas

Buntut Pencatutan Nama di Karya Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Dicopot dari Dekan dan Dosen FEB Unas

Tren
Alasan Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan UKT Perguruan Tinggi Tahun Ini

Alasan Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan UKT Perguruan Tinggi Tahun Ini

Tren
Cara Melihat Nomor Sidanira untuk Daftar PPDB Jakarta 2024

Cara Melihat Nomor Sidanira untuk Daftar PPDB Jakarta 2024

Tren
Kronologi Balita 2 Tahun di Sidoarjo Meninggal Usai Terlindas Fortuner Tetangga

Kronologi Balita 2 Tahun di Sidoarjo Meninggal Usai Terlindas Fortuner Tetangga

Tren
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke