Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Besaran Gaji Dokter Internship Diubah, Ini Rincian dan Aturannya

KOMPAS.com– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penyesuaian besaran bantuan biaya hidup (BBH) atau gaji dokter internship di Indonesia untuk 2023.

Hal tersebut dilakukan usai Kemenkes mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai masukan yang kami terima terkait dengan bantuan biaya hidup (BBH) dokter dan dokter gigi internship," ujar Menteri Kesehatan Budi Sadikin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Sebagai informasi, internship adalah pendidikan profesi untuk pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus pendidikan dokter.

Program ini dilakukan untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan.

Budi menyebut, sudah menjadi tugas pemerintah untuk menyerap masukan dan aspirasi dari masyarakat termasuk para dokter dan dokter gigi sebagai pemberi layanan masyarakat.

Gaji dokter internship ramai di medsos

Sebelumnya, media sosial TikTok hingga Twitter ramai membicarakan mengenai kabar mengenai besaran gaji dokter internship yang hanya dibayar Rp 1,1 juta.

Sejumlah akun dokter membagikan mengenai kabar tersebut.

“Pak @BudiGSadikin, ijin. Saya usul agar dokter internship dapat gaji minimal sesuai UMR. Minimal 4 juta. Menurunkan BHD mereka ke kisaran 1.1 juta -sesuai dengan postingan yang banyak beredar- tidak patut laksana. Hal tersebut akan makin mempersulit upaya menyehatkan Indonesia,” tulis akun @dr_koko28.

Sejumlah akun yang lain juga ramai menyuarakan hal tersebut.

“Haloo @KemenkesRI mohon dipertimbangkan ya, terkait gaji/bantuan hidup dokter internship yang turun untuk penempatan di bbrp daerah hingga tinggal 1.1 juta! Luar biasa jauh di bawah UMR untuk daerah manapun di indonesia. Segitu murahnya kah harga kerja dokter?” ujar akun @asaibrahim.

Budi menyampaikan, besaran gaji atau bantuan biaya hidup (BBH) dokter dan dokter gigi selama melakukan program internship pada 2023 akan disesuaikan berdasarkan 6 kategori daerah.

Adapun rincian besaran gaji dokter internship berdasarkan daerah yakni sebagai berikut:

Budi menyebut BBH di daerah terpencil diberikan lebih tinggi agar bisa mendorong calon peserta intership agar memilih daerah yang terpencil, perbatasan dan kepulauan.

Ia berharap program internship bisa meningkatkan pelayanan kesehatan agar masyarakat di daerah yang selama ini sulit mendapatkan pelayanan kesehatan bisa mengakses dokter, dokter gigi, dan layanan kesehatan.

“Pemerintah terus melakukan perbaikan agar program internship ini dapat berjalan secara transparan, adil dan lebih mudah,” katanya lagi.

Penempatan internship pada 2023 akan dilakukan melalui Sistem Informasi Program Internship Dokter dan Dokter Gigi Indonesia (SIMPIDI 2.0).

Nantinya peserta internship akan mendapatkan daerah penempatan melalui mekanisme prioritas dan regular, di mana pada program regular akan ada 3 pilihan penempatan wahana yakni lokal, regional dan nasional.

Selengkapnya aturan terkait penempatan yakni sebagai berikut:

  • Untuk internship dengan nilai baik boleh memilih di daerah DPTK tanpa melalui sistem SIMPIDI, atau dengan kata lain penerimaan langsung.
  • Tahap lokal, ditujukan bagi calon peserta yang ingin mendapatkan wahana dekat dengan domisili sesuai Kartu Keluarga (KK).
  • Tahap regional, ditujukan bagi calon peserta yang ingin mendapatkan wahana di Provinsi lain di luar domisili berdasarkan KK, berdasarkan regional yang sudah ditetapkan.
  • Tahap nasional, ditujukan bagi calon peserta yang ingin mendapatkan wahana pada provinsi selain pada tahap lokal dan regional.

Informasi terkait evaluasi BBH dokter internship juga disampaikan melalui akun resmi Kemenkes.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/16/072900865/besaran-gaji-dokter-internship-diubah-ini-rincian-dan-aturannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke