Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Idol Kpop yang Tersandung Skandal Burning Sun

Kompas.com - 20/05/2024, 18:00 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media asal Inggris, BBC merilis film dokumenter skandal Burning Sun pada Minggu (19/5/2024).

Usai film itu dirilis, skandal Burning Sun kembali ramai dibicarakan hingga menjadi salah satu topik terpopuler di media sosial X.

Film Burning Sun mengungkap grup obrolan rahasia idol Korea Pop (Kpop) yang berisi foto atau video yang disebarkan tanpa izin.

Berdasarkan penyelidikan pihak berwajib, ditemukan bahwa sebuah klub malam di Gangnam, Burning Sun membius sejumlah wanita. Pria-pria yang hadir di klub mewah tersebut kemudian melecehkan mereka.

Skandal Burning Sun menyeret sejumlah nama idol Kpop ternama. Berikut daftarnya:

Baca juga: Anies Baswedan Disebut Mirip Gabriel Boric karena Didukung Penggemar Kpop, Siapakah Dia?


1. Jung Joon Young

Penyanyi solo Jung Joon Young merupakan tersangka utama dalam skandal Burning Sun, karena memiliki ruang obrolan daring yang menjadi tempat video pelecehan seksual itu diunggah.

Joon Young juga terbukti membagikan video dirinya dan seorang wanita saat berhubungan seks yang direkam secara diam-diam.

Ia diketahui telah membagikan video tersebut sebanyak 11 kali di ruang obrolan daring sejak 2015, dilansir dari Korea JoongAng Daily.

Terungkapnya ruang obrolan daring yang berisi skandal video seks ilegal tersebut bermula ketika Jung Joon Young membawa ponselnya untuk diperbaiki.

Dikutip dari Koreaboo, Jung Joon Young awalnya divonis enam tahun penjara atas kasus pelecehan seksual, serta mengambil dan membagikan video yang diambil secara ilegal.

Namun, hukumannya dikurangi menjadi lima tahun setelah Young menyerahkan dokumen penyesalannya.

Kini, Joon Young telah bebas dari penjara di Mokpo, Jeolla Selatan, Korea Selatan sejak 19 Maret 2024.

Baca juga: Ramai soal Akun Fandom ala Kpop Anies Bubble, Apa Itu Bubble?

2. Lee Seung Hyun (Seungri)

Mantan anggota boy band Kpop Bihbang, Lee Seung Hyun atau Seungri juga terlibat dalam sembilan tuduhan, di antaranya menawarkan wanita untuk berhubungan seks kepada calon investor.

Dalam kasus Burning Sun, Seungri diketahui melakukan penggelapan uang dari klub malam tersebut, dikutip dari Korea Herald.

Tak hanya itu, ia juga aktif dalam ruang obrolan Jung Joon Young dan ia kerap “menilai” wanita yang berhubungan seks dengan mereka.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com