Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Kerumunan Wisatawan Pantai Batu Karas Pangandaran, Pemda Lakukan Penutupan

KOMPAS.com – Sebuah video memperlihatkan kerumunan wisatawan di destinasi Wisata Pantai Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat, viral di media sosial.

Salah satu warganet yang mengunggah video tersebut adalah akun TikTok Pencari Berita.

“Suasana liburan di Pantai Batukaras, Pangandaran. Waduh siap-siap tsunami Covid-19 nih di Indonesia,” tulis akun tersebut.

Hingga kini postingan tersebut telah disukai lebih dari 9.674 pengguna, mendapat lebih dari 4.119 komentar dan dibagikan lebih dari 4.342 kali.

“Ini kah yang dimau pemerintah!! Mudik gak boleh tapi piknik boleh. Wahai pemerintah inikah mau anda?” tulis akun Aletha_aldevaro.

“UDH WOY JGN BILANG GITU! KATA2 ITU DOA LHO! JGN SAMPE TERJADI TSUNAMI CORONA! Aamiin. Doakan aja agar mereka segera di isolasi mandiri utk menegah,” tulis akun Alvian Evnabel.

Tanggapan Pemda

Terkait dengan adanya video viral mengenai keramaian di Batu Karas, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran memutuskan untuk menutup destinasi wisata di Batu Karas, Pangandaran hingga waktu yang belum ditentukan.

"Penutupan tempat wisata Batu Karas dimulai pukul 00.00 WIB sekarang (Minggu, 16 Mei 2021), sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Ini hasil rapat koordinasi dengan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbd) Jabar Dedi Taufik dikutip dari keterangan resmi yang dierima Kompas.com, Minggu (16/5/2021).

Selain penutupan, penyekatan akan dilakukan di Kawasan Kalipucang dan gerbang masuk Pangandaran.

Adapun penyekatan diharapkan bisa mengendalikan kunjungan wisatawan sekaligus mencegah penularan Covid-19.

"Dalam rapat juga sudah diputuskan akan ada penyekatan di kawasan Kalipucang, juga di gate (gerbang) Pangandaran secara ketat, ini sekaligus untuk mengontrol kedatangan wisatawan juga," kata Dedi.

Menurutnya pengunjung Pantai Batu Karas meningkat secara signifikan.

Petugas gabungan juga telah membubarkan pengunjung dan memutar balik kendaraan yang akan masuk ke pantai Batu Karas.

"Tingkat kunjungan memang tinggi. Ini respons yang harus segera dilakukan. Kami mengerti momen liburan ini masyarakat ingin berkunjung ke tempat wisata, tapi tetap harus ingat bahwa protokol kesehatan sangat penting, karena masih dalam suasana pandemi," ucap dia.

Menurutnya, Pemda Provinsi Jabar telah melakukan antisipasi manakala ada pergerakan masyarakat menuju destinasi wisata usai masa pelarangan mudik berakhir.

Di antaranya adalah menyiapkan 15.000 tes antigen dan mengetes secara acak destinasi wisata yang berpotensi mendatangkan banyak wisatawan.

"Jadi, kami terpaksa menutup sementara tempat wisata di Batu Karas. Kami akan lakukan rapid tes antigen. mudah-mudahan saat pengetesan nanti kasus COVID-19 tidak meningkat secara signifikan," kata Dedi.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/16/090000265/viral-video-kerumunan-wisatawan-pantai-batu-karas-pangandaran-pemda-lakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke