Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Pesohor Dunia Bantu Lawan Virus Corona, dari Jack Ma hingga Bill Gates

KOMPAS.com - Wabah virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 tercatat sudah mencapai angka 1,4 juta yang tersebar di seluruh dunia pada Rabu (8/4/2020).

Dilansir dari real time Coronavirus COVID-19 Global Cases by CSSE at Johns Hopkins University, kasus terbanyak berada di AS dengan angka 399.886 kasus.

Sementara, jumlah kematian di dunia akibat virus yang menyerang saluran pernapasan ini mencapai 82.145 orang dan sebanyak 301.417 pasien dinyatakan sembuh.

Guna memberantas Covid-19, sejumlah pesohor dunia turut serta menymbangkan harta, bahkan mengirim bantuan alat kesehatan dalam jumlah banyak kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Lantas, siapa saja pesohor dunia yang turut serta membantu memberantas virus corona?

1. Jack Ma

Pendiri Alibaba sekaligus orang terkaya di Asia, Jack Ma menyumbang 500.000 alat tes virus corona dan 1 juta masker ke Negeri Paman Sam tersebut.

Adapun bantuan tersebut dilakukannya pada awal Maret 2020.

Selain itu, Ma pun mengirimkan sejumlah pasokan peralatan kesehatan ke Eropa. Tindakan ini merupakan salah satu upaya dari seruannya terkait pentingnya kerja sama internasional untuk melawan wabah virus corona.

Sebelumnya, dua yayasan milik Jack Ma yakni Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation telah mendonasikan alat-alat kesehatan ke negara lainnya, termasuk Jepang, Korea Selatan, Italia, dan Spanyol.

Diketahui, Ma juga sempat megirimkan 2 juta masker pelindung yang akan didistribusikan ke penjuru Eropa.

Pengiriman pertama berupa 500.000 lembar masker dan alat kesehatan lain yang tiba di Belgia. Kemudian, alat kesehatan ini didistribusikan ke Italia.

Tak hanya itu, Jack Ma juga mendonasikan Rp 201,6 miliar untuk perawatan pasien dan riset vaksin virus corona.

2. Bill Gates

Pesohor lain yang turut membantu melawan virus corona yakni orang kedua terkaya di dunia, Bill Gates.

Pria pendiri Microsoft ini mengumumkan akan menyumbang 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun (dengan kurs 1 dollar AS setara dengan Rp 13.632) untuk membantu upaya penghentian penyebaran virus corona pada 6 Februari 2020.

Adapun donasi ini disalurkan melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu menemukan vaksin untuk virus corona, membatasi penyebarannya, dan meningkatkan deteksi dan perawatan pasien.

Penyerahan pertama akan diberikan kepada kelompok Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 280 miliar.

Diketahui, pendanaan juga akan dialokasikan untuk lembaga kesehatan masyarakat di China dan negara-negara lain yang terkena dampak virus corona.

3. Bernard Arnault dan Fancois Pinault

Kemudian, pendiri LVMH, Bernard Arnault serta orang kaya ketiga di dunia Francois Pinault juga dilaporkan mendonasikan hartanya. 

Keduanya masing-masing mendonasikan harta senilai 2,3 juta dollar AS dan 1 juta dollar AS.

"Pikiran kami banyak dipengaruhi oleh wabah virus corona, dan oleh karena itu kami telah memutuskan untuk menyumbangkan dana sebagai kontribusi langsung untuk membantu," ujar Pinault kepada jurnal mode WWD, seperti dikutip dari Forbes.

4. Jack Dorsey

Selain itu, CEO Twitter, Jack Dorsey juga berkomitmen untuk menyumbang 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16 triliun dari kekayaannya untuk memberantas virus corona.

Melalui twitnya, dana sebesar Rp 16 triliun itu berasal dari sahamnya di Square, bukan Twitter, yang didistribusikan melalui Start Small Foundation. Sebab, ia lebih memiliki banyak saham di Square daripada Twitter.

Dorsey menyampaikan, dana dari sahamnya di Square akan bermanfaat bagi kedua perusahaannya dalam jangka waktu panjang,

Sementara itu, sumbangan harus segera diberikan karena kebutuhan semakin mendesak di tengah merebaknya virus corona.

(Sumber: Kompas.com/Kiki Safitri, Nur Rohmi Aida, Fika Nurul Ulya | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan, Sari Hardiyanto, Bambang P. Jatmiko)

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/08/200000065/4-pesohor-dunia-bantu-lawan-virus-corona-dari-jack-ma-hingga-bill-gates-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke