Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Willem Barentsz, Pelaut Belanda yang Tersesat di Kutub Utara

Kompas.com - 09/12/2021, 14:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Willem Barentsz adalah navigator, penjelajah, dan kartografer asal Belanda yang melakukan pelayaran pertamanya pada tahun 1594.

Namanya dikenal sebagai pelaut Belanda yang pergi menjelajah dunia Timur namun akhirnya tidak berhasil karena tidak menguasai medan dan tersesat di Kutub Utara.

Sepanjang hidupnya, Barentsz telah melakukan tiga ekspedisi ke ujung utara Bumi untuk mencari Jalur Timur Laut (rute pengiriman dari Atlantik Utara dan Eropa ke arah Samudra Pasifik).

Dalam dua pelayaran pertamanya, ia berhasil mencapai Novaya Zemlya (kepulauan di Samudra Arktik di utara Rusia) dan Laut Kara.

Kemudian selama ekspedisi ketiga, Barentsz berhasil menemukan Spitsbergen dan Pulau Beruang yang ada di Svalbard.

Berkat kegigihannya menaklukkan wilayah Arktik, namanya kemudian diabadikan menjadi nama Laut Barents, yang terletak di utara Norwegia dan Semenanjung Kola.

Baca juga: Pelaut-Pelaut Bangsa Belanda

Awal kehidupan

Willem Barentsz lahir di Pulau Terschelling, Belanda, pada sekitar tahun 1550.

Nama Barentsz sendiri sebenarnya bukan nama keluarganya, melainkan sebuah patronim atau nama pribadi pemberian dari ayahnya, yakni kependekan dari Barentszoon atau "putra Barent".

Sejak kecil, Barentsz sudah memiliki kesenangan terhadap dunia kartografi. Oleh sebab itu, ia pun tumbuh untuk menjadi seorang kartografer.

Sebagai kartografer dan pedagang, ia telah berlayar ke Spanyol serta Mediterania dan dapat menyelesaikan atlas wilayah Mediterania yang ia terbitkan bersama dengan Petrus Plancius.

Setelah atlasnya selesai, Barentsz pun menekuni karier sebagai penjelajah untuk mencari Jalur Timur Laut untuk berdagang dengan China.

Baca juga: Cornelis de Houtman: Jalur Pelayaran dan Akhir Hidupnya

Pelayaran pertama

Pada 5 Juni 1594, Barentsz pergi meninggalkan Amsterdam dengan tiga kapalnya untuk mencari Jalur Timur Laut di Utara Siberia menuju Asia Timur.

Dalam pelayaran pertamanya ini, Barentsz membagi armadanya menjadi tiga, yang masing-masing dikirim ke arah yang berbeda untuk mencoba masuk ke Laut Kara.

Harapannya, dengan masuk ke Laut Kara, rombongannya dapat menemukan bagian Timur Laut. Namun, ia belum berhasil.

Sekitar tanggal 23 sampai 29 Juni, Barentsz sempat tinggal di Pulau Kildin, Rusia. Kemudian pada 9 Juli, untuk pertama kalinya ia bertemu dengan beruang kutub.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com