Peristiwa Boston Tea Party: Latar Belakang, Proses, dan Dampaknya

Kompas.com - 09/11/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Peristiwa Boston Tea Party atau Pesta Teh Boston, adalah sebuah protes yang dilakukan oleh penduduk Amerika dengan cara menyerang kapal-kapal Inggris dan membuang ratusan peti kayu yang berisi teh.

Gerakan yang dilakukan pada 16 Desember 1773 ini adalah bentuk protes terhadap monopoli dan penetapan pajak teh yang tinggi oleh Inggris.

Latar belakang dikeluarkannya Coercive Act oleh Inggris pada dasarnya berangkat dari peristiwa Boston Tea Party ini.

Coercive Act adalah serangkaian undang-undang yang merujuk pada Undang-Undang Pelabuhan Boston, Undang-Undang Pemerintahan Massachusetts, Undang-Undang Administrasi Keadilan, dan Undang-Undang Seperempat.

Latar belakang Boston Tea Party

Pada 1760-an, biaya perang yang sangat besar membuat Inggris terlilit utang. Parlemen Inggris kemudian memberlakukan serangkaian pajak di Amerika, yang saat itu masih menjadi jajahannya.

Untuk mencapai tujuan itu, Inggris mengeluarkan Sugar Act (Undang-Undang Gula) pada 1764, Stamp Act (Undang-Undang Perangko) pada 1765, dan The Townshend Acts pada 1767.

Baca juga: Sugar Act: Latar Belakang, Tujuan, dan Dampak

Penduduk koloni Amerika sangat terbebani dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut. Mereka pun marah, karena tidak memiliki perwakilan di parlemen dan merasa Inggris tidak seharusnya memeras pendapatan mereka untuk membayar utang.

Konflik antara penjajah Inggris dengan penduduk Amerika semakin memanas ketika terjadi peristiwa Pembantaian Boston pada 5 Maret 1770, yang menewaskan lima warga sipil.

Puncak kemarahan penduduk terjadi saat Inggris mencabut semua pajak yang diberlakukan sebelumnya, tetapi masih mempertahankan pajak atas teh.

Sebagai protes, penduduk koloni memboikot teh yang dijual oleh East India Company (EIC) dan menyelundupkan teh dari Belanda.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber History
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.