Kompas.com - 27/06/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com – Pernahkah kamu melihat air laut bercahaya padahal tidak ada lampu atau penerangan apa pun. Hal tersebut adalah fenomena biokimia yang disebut dengan bioluminesensi atau lebih dikenal dengan bioluminescence.

Apa yang dimaksud dengan bioluminescence dan apa yang menyebabkannya? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian bioluminesensi

Biolumenesensi adalah fenomena terpancarnya cahaya dari tubuh makhluk hidup. Di mana makhluk hidup dapat memancarkan cahaya baik sementara ataupun secara terus-menerus dari tubuhnya.

Cahaya yang dipancarkan dapat berupa cahaya berwarna kuning, oranye, biru, ungu, ataupun hijau.

Baca juga: Ciri Khas Enzim sebagai Katalis Biokimia

Pada zaman dahulu, tersebar mitos di antara para pelaut kuno tentang laut yang gelap gulita tiba-tiba menjadi bercahaya.

Para pelaut kuno beranggapan bahwa laut yang bercahaya adalah tanda dari keberadaan nsekor naga atau dewa. Namun ternyata, peristiwa laut yang bercahaya adalah fenomena bioluminesensi yang terjadi karena organisme laut.

Penyebab bioluminesensi

Fenomena diproduksinya cahaya dalam tubuh makhluk hidup atau bioluminesensi disebabkan oleh reaksi kimia.

Dilansir dari ReefCause Conservation, bioluminesensi terjadi karena adanya dua bahan kimia berupa senyawa organik luciferin dan enzim luciferase.

Di mana jika luciferin bereaksi dengan oksigen, maka cahaya tampak akan dipancarkan.

Baca juga: Narwhal Si Unicorn Laut

Namun, tidak semua reaksi bioluminesensi melibatkan enzim luciferase. Dilansir dari National Geographic, beberapa reaksi bioluminesensi melibatkan ion reaksi yang disebut sebagai fotoprotein.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.