Kompas.com - 31/07/2021, 14:00 WIB
Narwhal: Hewan laut kutub yang memiliki tanduk Narwhal: Hewan laut kutub yang memiliki tanduk

KOMPAS.comNarwhal dijuluki unicorn laut. Bagaimana tidak? Bagian depan kepala paus ini memiliki gading, layaknya tanduk unicorn.

Habitat utama mamalia laut ini berada di perairan Arktik yang terpencil. Namun, unicorn laut ini juga bisa ditemui di kawasan sub-Arktik yang dingin, seperti Greenland dan Norwegia.

Melansir Live Science, nama ‘narwhal’ berasal dari kata ‘nar’ berarti mayat serta ‘hval’ artinya paus. Pemberian nama ini didasarkan pada warna kulit abu-abu dan belang narwhal yang sekilas menyerupai seorang pelaut yang tenggelam.

Mamalia laut ini memiliki nama ilmiah Monodon monoceros, berarti satu gigi dan satu tanduk. Narwhal diketahui masih satu kerabat dekat dengan paus beluga.

Kedua mamalia laut ini tergabung dalam kelompok Odontoceti. Habitat keduanya juga mirip, yakni di perairan Arktik dan sub-Arktik.

Baca juga: Devils Hole Pupfish, Ikan Kecil Penghuni Death Valley

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Paus Putih, Narwhal dari Mamalia Inggris oleh A. Thorburn, 1920.wikipedia.org/A. Thorburn Ilustrasi Paus Putih, Narwhal dari Mamalia Inggris oleh A. Thorburn, 1920.
Tanduk unicorn Narwhal

Narwhal disebut unicorn laut karena kepemilikan gading di bagian depan kepala. Sebenarnya, gading tersebut merupakan gigi lurus yang memanjang dari rahang kiri atas.

Uniknya, gading ini hanya dimiliki narwhal jantan saja. Sedangkan untuk betina, diperkirakan hanya 15 persen saja yang memilikinya.

Mengutip dari Earth Sky, gading yang dimiliki narwhal sebenarnya tidak berperan penting bagi kehidupan mamalia laut ini. Karena narwhal betina dan jantan sama-sama bisa berumur panjang dan bertahan hidup di lingkungan yang dingin.

Para ilmuwan menjelaskan jika barangkali gading milik paus ini berfungsi sebagai ciri seksual untuk membedakan narwhal jantan dan betina. Gading ini juga kemungkinan berfungsi untuk memikat narwhal betina.

Walau tidak diketahui secara pasti fungsi utama gading narwhal, namun jurnal The Anatomical Record pada 2014, mengungkapkan jika gading paus ini memiliki ujung saraf yang sensitif. Hal ini memungkinkan paus mendeteksi berbagai perubahan lingkungan.

Baca juga: Sheepshead, Ikan Bergigi Manusia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.