Kompas.com - 24/05/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial disebut teks eksplanasi. 

Teks eksplanasi umumnya memuat fakta yang dirangkai secara kronologis atau dalam hubungan kausalitas. Fungsi fakta tersebut adalah menguatkan kebenaran serta hubungan sebab akibat yang dipaparkan dalam teks eksplanasi. 

Pengertian teks eksplanasi menurut ahli 

Dilansir dari buku Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan (2020) karya Rizka Desriani dan kawan-kawan, berikut pengertian teks eksplanasi menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Anderson 

Teks eksplanasi adalah teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuannya untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa). 

  • Menurut Restuti 

Pengertian teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial. 

  • The Contemporary-Indonesian Dictionary:651

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. 

Baca juga: Cara Mengetahui Pokok-pokok Informasi dalam Teks Biografi

  • Menurut Mahsun 

Teks eksplanasi adalah disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum, deretan penjelasan, dan penutup. 

  • Menurut Priyatni 

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. 

Struktur teks eksplanasi 

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut struktur teks eksplanasi, yaitu: 

Judul 

Judul dalam teks eksplanasi dapat menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu fenomena atau peristiwa. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.