Kompas.com - 24/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Kritik seni adalah kegiatan karya seni untuk memberikan tanggapan mengenai kelebihan atau kekurangan suatu karya seni. 

Hal ini digunakan dalam berbagai aspek, khususnya sebagai bahan untuk menunjukkan kualitas dari sebuah karya. 

Dikutip dari jurnal Subjectivity in Art History and Art Criticism (2010) oleh Eleni Gemtou, kritik seni juga bisa diartikan sebagai diskusi atau evaluasi mengenai seni visual. 

Kritikus seni biasanya mengkritik seni dalam konteks estetika atau teori keindahan. Tujuannya untuk mecapai dasar rasional terhadap apresiasi seni.

Baca juga: Pengertian Pameran Karya Seni Rupa

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dirumuskan tahapan-tahapan kritik secara umum yang dilansir dari buku Kebudayaan, Ideologi, Revitalisasi, dan Difitalisasi Seni (2020) oleh Ekawati Marhaeny, yaitu: 

  • Deskripsi 

Tahapan dalam kritik untuk menentukan, mencatat, dan mendeskripsikan segala sesuaru yang dilihat aoa adanya dan tidak melakukan analisis atau mengambil kesimpulan. 

Deskripsi yang baik adalah mengandung krtitikan yang berisi istilah-istilah teknis yang umum digunakan dalam dunia seni rupa. 

Tanpa pengetahuan tersebut, maka kritikus akan kesulitan untuk mendeskripsikan fenomena karya yang dilihatnya. 

  • Analisis formal 

Tahapan dalam kritik karya seni untuk menelurusi sebuah karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya. 

Tahao ini membuat kritikus harus memahami unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip penataan atau penempatannya dalam sebuah karya seni. 

Baca juga: Teori Mimesis: Pengertian dan Contohnya dalam Karya Seni

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.