Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Struktur Teks Cerita Sejarah 

Kompas.com - 28/04/2022, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Cerita yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan, bisa bersifat naratif atau deskriptif merupakan pengertian cerita sejarah

Dilansir dari buku Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi (2021) oleh Dinas Fitria Handayani, cerita sejarah termasuk dalam teks naratif jika disajikan dengan menggunakan urutan peristiwa dan urutan waktu. 

Namun, jika disajikan dengan simbolisasi verbal dalam novel, tergolong ke dalam teks deskriptif. 

Sama seperti cerita lainnya, teks cerita sejarah termasuk dalam kategori cerita ulang. Sehingga, teks cerita sejarah memiliki strukturnya masing-masing. 

Baca juga: Perbedaan Novel Sejarah dan Cerita Sejarah

Berikut tujuh struktur teks cerita sejarah yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu: 

  • Pengenalan situasi cerita (orientasi, exposition) 

Penulis pada bagian ini memperkenalkan latar belakang waktu, tempat, maupun lokasi dan awal mula kejadian atau peristiwa. 

Tokoh dan hubungan antartokoh mulai diperkenalkan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhannya. 

  • Pengungkapan peristiwa 

Bagian ini mengungkapkan kejadian awal yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, atau kesukaran yang menghadang tokoh, terutama tokoh utama (protagonis) 

  • Urutan peristiwa 

Rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis. 

  • Konflik (rising action

Terjadi peningkatan masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang menyebabkan kesukaran tokoh ikut meningkat pula. 

  • Puncak konflik (komplikasi)

Bagian yang paling mendebarkan, menghebohkan dan memuncak dari masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang dihadapi oleh para tokohnya merupakan pengertian dari puncak konflik (komplikasi).

Baca juga: Contoh Teks Cerita Sejarah

  • Penyelesaian (resolusi

Biasanya bagian ini menjadi akhir cerita jika tidak diikuti oleh koda. Berisi pengungkapan bagaimana tokoh utama dan tokoh lainnya menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpanya. 

Terkadang dapat melalui penjelasan atau penilaian terhadap nasib dan sikap yang dialami tokoh. 

  • Koda 

Komentar yang membahas kembali isi semua peristiwa dan perilaku tokoh yang terlibat. Bagian ini termasuk opsional, terkadang koda digunakan untuk membuat teaser lanjutan cerita berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com