Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menemukan Informasi pada Teks Bacaan 

Kompas.com - 07/05/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Informasi penting pada teks bacaan sering disebut sebagai gagasan pokok atau gagasan utama. 

Dikutip dari buku 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajaran di SMA/SMK (2017) oleh Kosasih, gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. 

Gagasan pokok atau infomrasi dalam sebuah teks bacaan merupakan sebuah keterangan atau berita yang bersifat untuk menambah pengetahuan seseorang. 

Letak informasi atau gagasan pokok ini dapat berada di awal paragraf maupun akhir paragraf. Informasi yang terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sedangkan informasi yang berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. 

Salah satu hal untuk menemukan informasi pada teks bacaan adalah membaca dengan teliti teks tersebut. 

Baca juga: Cara Menemukan Gagasan Pokok di Setiap Paragraf

Berikut cara menemukan informasi pada teks bacaan yang disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yakni: 

  • Membaca judul 

Judul dalam sebuah teks bacaan biasanya mewakili isi dari teks tersebut. Sehingga dengan membaca judulnya dapat memberikan gambaran informasi dari teks bacaan. 

  • Membaca teks dengan teliti 

Baca teks dengan teliti dan perlahan. Pahami makna setiap kalimat pada teks untuk menemukan inti dari setiap paragraf. 

  • Mencatat isi pokok bacaan

Gunakan metode 5W+H (what, when, where, who, why, dan how) atau apa, kapan, dimana, siapa, mengapa, dan bagaimana pada teks bacaan. Ketika sudah menemukan jangan lupa untuk dicatat. 

  • Menemukan kalimat utama 

Kalimat utama biasanya memiliki kata kunci. Kata kunci tersebut diulang pada kalimat lain atau digantikan dengan kata ganti. Kalimat tersebut juga dijelaskan dengan kalimat lainnya. Ketika sudah menemukan kata kuncinya, tandai kata tersebut. 

Baca juga: Perbedaan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com