Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Teks Biografi Termasuk Teks Narasi?

Kompas.com - 05/05/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Biografi merupakan teks yang berisikan pengalaman dan kisah riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis orang lain.

Teks biografi memuat penjelasan secara kronologis mengenai peristiwa atau kejadian yang memang benar-benar dialami tokoh yang diceritakan.

Struktur teks biografi terdiri atas:

  1. Orientasi
    Bagian pengenalan singkat tentang tokoh.
  2. Peristiwa dan masalah
    Kejadian dan permasalahan yang dialami tokoh.
  3. Reorientasi
    Kesimpulan yang berisi peninjauan sikap kembali.

Alasan teks biografi termasuk teks narasi

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), salah satu ciri teks biografi adalah memuat informasi yang didasarkan pada fakta (faktual) berbentuk narasi.

Baca juga: Apakah Teks Biografi Termasuk Cerita Ulang?

Apakah teks biografi dapat digolongkan ke dalam teks narasi faktual?

Ya, teks biografi dapat digolongkan dalam teks narasi faktual. Karena biografi berisikan kisah riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis berdasarkan fakta dan urut sesuai kronologis atau kejadiannya.

Dalam hal ini, fakta yang dimaksud, meliputi pengalaman pribadi, riwayat hidup, pendidikan, pekerjaan, kisah kesuksesan, atau hal lainnya yang dialami secara nyata oleh tokoh.

Dikutip dari buku Linguistik Terapan: Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir (2021) karya Hasan Busri dkk, teks narasi adalah karangan yang menceritakan suatu kejadian runtut sesuai urutan waktu atau kronologis.

Narasi bertujuan untuk menceritakan serta menyampaikan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia dari waktu ke waktu.

Kesimpulannya, alasan mengapa teks biografi termasuk teks narasi adalah karena biografi memuat kisah hidup seorang tokoh yang dipaparkan secara kronologis (sesuai urutan waktu) dan didasarkan pada fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com