Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dari Membaca Teks Biografi

Kompas.com - 28/04/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Biografi umumnya memuat identitas dan peristiwa seseorang. Tak hanya itu, teks biografi juga menerangkan karya dan penghargaan yang diterima sang tokoh. 

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. 

Teks biografi juga dapat diartikan sebagai bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. 

Berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut daoat menjadi teladan orang lain yang membaca kisahnya. 

Terdapat banyak manfaat dari membaca teks biografi tokoh. Dilansir dari buku Teks Biografi "Meneladani Kisah Hidup Seseorang Lewat Pengalaman" (2020) oleh Rika Afriana Rabiah dan kawan-kawan, berikut manfaat membaca teks biografi, yaitu: 

Baca juga: Pola Penyajian Teks Biografi

  • Dapat meneladani karakter unggul tokoh 

Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. namun kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah.

Tokoh yang diceritakan dalam teks biografi tentunya adalah orang-orang yang dapat memberikan pengaruh positif bagi orang lain. Kisah hidup yang dijalani dapat menjadi teladan. 

Dengan membaca teks biografi, kita bisa meneladani karakter unggul sang tokoh melaui pengalaman atau kisah hidupnya. 

  • Lebih mengenal sang tokoh 

Dengan membaca teks biografi, kita bisa lebih mengenal sang tokoh lebih dalam melalui riwayat hidupnya. 

  • Melihat sisi perjuangan seseorang 

Biografi adalah mengenai pencapaian yang sudah diraih seseorang. Baik seorang negarawan, sastrawan, aktor, atau siapa saja. Kita bisa melihat sisi perjuangan dalam hidup seseorang melalui membaca teks biografi 

  • Sebagai petunjuk 

Biografi dapat menjadi petunjuk mengenai hal-hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Tentu saja kita sebagai pembaca akan melakukan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang tidak baik. Sesuai dengan apa yang kita baca. 

Baca juga: Ciri-ciri dan Struktur Teks Biografi

  • Munculnya motivasi dalam diri 

Teks biografi yang berisi pengalaman kehidupan seseorang pastinya memiliki nilai-nilai penting. Hal ini bertujuan agar orang yang membacanya terpengaruh dan mendorong motivasi dalam diri. 

Secara tersirat, seseorang akan mendapatkan motivasi karena membaca biografi sang tokoh. 

  • Menghargai nilai-nilai kehidupan

Dengan membaca teks biografi, kita akan memetik nilai-nilai kehidupan yang dirasakan juga oleh sang tokoh. Hal ini karena capaian seseorang dilakukan melalui sebuah proses. 

Dengan memetik nilai-nilai kehidupan dari sang tokoh, kita akan terpicu juga untuk lebih menghargai nilai-nilai kehidupan. 

  • Percaya diri meningkat 

Pembaca teks biografi akan terdorong untuk lebih percaya diri karena membaca pengalaman dan kisah hidup sang tokoh. Sehingga pembaca tidak akan takut untuk mencoba segala hal karena ingin sukses seperti cerita sang tokoh dalam teks biografi. 

  • Mendapatkan inspirasi dari orang lain 

Setiap tokoh yang ada dalam teks biografi memiliki cara tersendiri dalam mencapai kesuksesan. Setiap orang selalu memiliki cerita unik dan cara dalam membuahkan hasil. 

Dengan membaca teks biografi, kita terinspirasi dan akan bekerja keras untuk dapat mencapai hasil seperti seseorang yang ada dalam teks biografi. 

Baca juga: Apakah Teks Biografi Termasuk Cerita Ulang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com