Kompas.com - 27/04/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Teks biografi menceritakan riwayat hidup orang lain. Teks ini memuat pengalaman, kisah yang menginspirasi, serta data riwayat hidup tokoh yang diceritakan.

Mayoritas biografi menceritakan tokoh yang dikenal luas masyarakat, seperti pahlawan, aktor, penyanyi, pejabat publik, presiden, dan sebagainya.

Menurut Arip Rahman Sudrajat dalam buku Perilaku Organisasi sebagai Suatu Konsep dan Analisis (2021), beberapa ciri dari teks biografi, antara lain berisikan fakta, memuat pesan pembelajaran, dan menceritakan sejarah pengalaman hidup orang lain.

Sebutkan pola penyajian teks biografi!

Pola penyajian teks biografi terdiri atas alur, sudut pandang, gaya penulisan, serta fokus penceritaannya.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pola penyajian teks biografi:

Alur

Dikutip dari buku Asyiknya Menulis (2021) karya Fita Chakra, alur adalah urutan peristiwa dalam cerita. Ada tiga jenis alur yang sering digunakan dalam cerita, yakni alur maju, mundur, dan campuran.

Baca juga: Apakah Teks Biografi Termasuk Cerita Ulang?

Biasanya penulis teks biografi menggunakan alur cerita maju, yakni urutan atau rangkaian peristiwa yang dimulai dari masa lalu, kemudian berjalan maju ke masa sekarang.

Sudut pandang

Dilansir dari buku Teori Struktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan (2019) karya Misnawati dan Anwarsani, sudut pandang adalah cara pengarang menceritakan tokoh.

Sudut pandang juga dapat diartikan sebagai cara pandang penulis dalam menyajikan sebuah peristiwa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.