Kompas.com - 15/12/2020, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Kadang kita menghadapi bacaan atau soal ujian yang menuntut kita menentukan gagasan pokok pada suatu paragraf. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menentukan gagasan pokok di setiap paragraf.

H. Dalman dalam buku Keterampilan Menulis (2016) berpendapat, paragraf adalah rangkaian dari beberapa kalimat dan harus memiliki kesatuan gagasan yang diungkapkan, sehingga pembaca memahami maksud dari tulisan atau informasi yang ada.

Dalam paragraf, masing-masing memiliki gagasan pokok yang berbeda. Paragraf yang baik dan benar terdiri dari satu gagasan pokok. Berikut cara menemukan gagasan pokok di setiap paragraf!

1. Baca dengan teliti

Baca paragraf dengan saksama. Tidak perlu buru-buru membacanya. Baca sambil coba memahami kira-kira apa yang coba disampaikan penulis pada tiap paragraf.

Baca juga: Perbedaan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

2. Ketahui jenis-jenis paragraf

Gagasan pokok atau gagasan utama menentukan jenis paragraf. Mengetauhi jenis paragraf penting agar kita semakin yakin dalam menentukan posisi gagasan pokok paragraf. Jenis paragraf antara lain:

  • Deduktif: paragraf yang gagasan pokoknya terletak di kalimat awal paragraf. Sedangkan kalimat setelahnya merupakan penjelas untuk mendukung gagasan pokok.
  • Induktif: paragraf yang gagasan pokoknya berada di akhir kalimat dalam paragraf. Paragraf ini diawali dengan penyebutan peristiwa khusus atau penjelasan.
  • Deduktif-induktif: disebut juga paragraf campuran. Letak gagasan pokoknya terdapat pada bagian awal dan akhir paragraf. Meskipun gagasan pokok disebut dua kali, bukan berarti berlawanan. Gagasan pokok di akhir kalimat dalam paragraf berfungsi mempertegas gagasan pokok di awal kalimat dalam paragraf.
  • Ineratif: paragraf yang gagasan pokoknya ada di tengah paragraf. Kalimat pendukungnya mengapit kalimat yang mengandung gagasan pokok.

3. Tentukan gagasan pokok berdasarkan jenis paragraf

Ketika sudah yakin menerka jenis paragraf, maka coba pahami isi dari paragraf tersebut. Dengan cara ini, maka kalian dapat menemukan gagasan pokok di setiap paragraf.

4. Merangkum paragraf

Cara cepat lain dalam mencari gagasan pokok di setiap paragraf adalah merangkumnya. Singkirkan kalimat yang tidak mewakili keseluruhan isi paragraf, maka kalian akan dengan mudah menemukan gagasan pokok di setiap paragraf.

Baca juga: Jenis Paragraf: Induktif, Deduktif, Deduktif-Induktif, dan Ineratif

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.