Kompas.com - 24/05/2022, 14:09 WIB

KOMPAS.com – Para ilmuan memercayai bahwa kehidupan berasal dari laut. Makhluk hidup bertransisi dari kehidupan di laut dan sepenuhnya menjadi akhluk daratan. Hal ini ditandai dengan munculnya hewan amniota.

Apa yang dimaksud dengan amniota dan membran amniotik? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian amniota

Amniota adalah kelompok makhluk hidup bertulang punggung belakang (vertebrata) yang memiliki membran esktra-embrionik atau membran amniotik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, membran amniotik adalah adaptasi evolusioner yang memungkinkan pengendapan telur di lingkungan terrestrial.

Membran amniotik memungkinkan makhluk hidup tinggal sepenuhnya di daratan, tidak seperti amfibi yang telur masih bergantung pada lingkungan berair.

Baca juga: Awal Kehidupan Reptil dan Makhluk Besar di Darat

Karakteristik amniota

Struktur telur amniotalumenlearning.com Struktur telur amniota

Karakteristik amniota adalah memiliki telur dengan membran amniotik atau yang kerap disebut dengan selaput ketuban atau amnion.

Dilansir dari Lumen Learning, membran amniotik membentuk rongga berisi cairan yang memberi embrio lingkungan akuatik internalnya sendiri.

Lingkungan akuatik internal inilah yang membuat telur amniota dapat sepenuhnya berkembang di daratan. Tidak seperti telur amfibi dan ikan yang harus berada di air.

Kantong membran amniotik berisi cairan ketuban. Selain menyediakan lingkungan akuatik, cairan ketuban juga menyediakan perlindungan mekanis dan dukungan jalur keluar masuk zat selama perkembangan embrio.

Baca juga: Telur Ovipar: Bagian dan Fungsi-fungsinya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.