Kompas.com - 24/05/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan kritik merupakan salah satu aspek dari apresiasi yang berkaitan dengan kegiatan memberi ulasan (resensi) suatu pameran atau karya seni. 

Dikutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam dan kawan-kawan, pengertian kritik seni rupa adalah  pembahasan tentang karya seni rupa, secara lisan atau tertulis, dengan maksud untuk menyosialisasikan karya seni rupa yang dibahas kepada khalayak. 

Orang yang melakukan kritik seni rupa disebut kritikus seni rupa. Kritikus merupakan orang yang dengan sadar membagikan pengalaman estetik yang dirasakan dalam menghayati karya seni rupa kepada orang lain. Sehingga orang lain merasakan estetik yang sama. 

Secara umum, kritikus seni rupa melakukan kritis atas dasar kecintaan terhadap seni rupa, agar karya seni rupa mendapatkan tempat di hati masyarakat. 

Kritik karya seni tidak hanya meningkatkan kualitas pemahaman dan apresiasi terhadap karya seni, tetapi juga sebagai standar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil berkarya.

Baca juga: Pengertian Pameran Karya Seni Rupa

Tanggapan dan penilaian yang disampaikan oleh seorang kritikus ternama sangat memengaruhi persepsi penikmat terhadap kualitas sebuah karya seni bahkan dapat memengaruhi penilaian ekonomis (price) dari karya seni tersebut. 

Jenis kritik seni rupa

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. 

Dengan perbedaan tersebut, dijumpai beberapa jenis karya seni seperti yang disampaikan oleh Feldman. 

Dengan pemahaman terhadap keempat tipe kritik seni dapat mengantar pemahaman untuk menentukan pola pikir dalam melakukan kritik seni rupa. 

Berikut empat jenis kritik seni rupa berdasarkan Feldman, yaitu: 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.