Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Camilan Lezat dan Sehat yang Baik untuk Jantung

Kompas.com - 26/02/2024, 16:22 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Camilan cenderung mendapat reputasi buruk, namun mengonsumsi makanan ringan yang tepat bisa menjadi bagian penting dari pola makan sehat.

Alih-alih mengonsumsi camilan seperti keripik, kue kering, dan biskuit, yang mengandung banyak gula, garam, dan lemak jenuh, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan utuh.

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk gandum utuh dapat menambah serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta dapat berkontribusi pada kesehatan jantung.

Camilan yang sehat untuk jantung

Berikut adalah beberapa pilihan camilan yang sehat untuk jantung.

Baca juga: 7 Camilan Tinggi Protein yang Menyehatkan

1. Pepaya

Daging pepaya yang berwarna oranye cerah mengandung senyawa yang disebut likopen, yakni pigmen tumbuhan karotenoid yang memiliki banyak manfaat.

Likopen memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan dapat membantu mencegah aterosklerosis serta meningkatkan aliran darah. Ini menjadikan likopen sebagai nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi dari kematian terkait penyakit jantung

2. Salad bit, buncis, dan alpukat

Menggabungkan bit, alpukat, dan buncis menghasilkan salad berwarna-warni yang menyehatkan. Bit kaya akan antioksidan dan nitrat yang kuat, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, bit, buncis, dan alpukat merupakan sumber serat yang sangat baik. Sebuah tinjauan terhadap 31 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke hingga 24 persen.

Baca juga: 5 Camilan untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

3. Apel dengan selai kacang

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan dari rutin mengonsumsi kacang-kacangan. Misalnya, studi tahun 2019 di Circulation Research menyatakan, banyak meta-analisis menunjukkan bahwa seringnya konsumsi kacang-kacangan dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, buah apel mengandung fitonutrien dan pektin, keduanya berhubungan dengan perbaikan faktor risiko kardiovaskular. Menggabungkan apel dengan selai kacang akan menghasilkan camilan yang sehat untuk jantung, ditambah campuran serat dan lemak sehat yang membuat lebih kenyang

4. Puding biji chia

Biji chia adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam hidangan gurih dan manis. Biji chia mengandung protein, serat, dan lemak omega-3.

Menurut ulasan tahun 2020, omega-3 dapat memperlambat penumpukan plak yang dapat menyumbat arteri pada penderita aterosklerosis. Ada juga bukti ilmiah bahwa omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat pada orang dengan kondisi kardiovaskular.

Baca juga: 7 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

5. Greek yogurt dengan buah

Beberapa bukti mengaitkan asupan moderat beberapa produk susu dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Studi tahun 2018 menemukan bahwa orang dewasa dengan tekanan darah tinggi yang makan dua atau lebih porsi yogurt per minggu lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular, dibandingkan mereka yang makan yogurt kurang dari sekali per bulan. Hal ini dikombinasikan dengan pola makan yang menyehatkan jantung secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com