Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menambah Asupan Air Harian agar Tubuh Tidak Dehidrasi

Kompas.com - 18/02/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tubuh kita selalu mengeluarkan cairan melalui keringat dan air kencing sehingga kita perlu mengganti cairan tersebut.

Dengan minun air yang cukup setiap hari, tubuh kita pun dapat tetap berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan air dalam jumlah yang cukup.

Cara menambah asupan air untuk tubuh

Beberapa dari kita mungkin sering lupa untuk minum air putih. Akibatnya, tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk menambah asupan air bagi tubuh:

1. Ketahui kebutuhan tubuh akan cairan 

Sebelum memutuskan untuk minum lebih banyak air, terlebih dulu harus mengetahui kebutuhan cairan tubuh.

Baca juga: Apa Bahayanya Jika Jarang Minum Air Putih?

Rekomendasi umum untuk asupan air harian adalah 64 ons (1.920 ml) atau 8 gelas, namun hal ini tidak berdasarkan sains.

National Academy of Medicine (NAM) merekomendasikan agar pria mengonsumsi 125 ons (3.700 ml) dan wanita sekitar 90 ons (2.700 ml) cairan per hari, termasuk cairan dari air, minuman lain, dan makanan.

Namun, NAM mengakui bahwa tidak ideal untuk membuat rekomendasi secara umum terkait kebutuhan cairan. Pasalnya, rekomendasi tersebut bergantung pada tingkat aktivitas, tempat tinggal, status kesehatan, dan banyak lagi.

2. Tetapkan target harian 

Menetapkan target asupan air harian dapat membantu minum lebih banyak air. Tindakan ini bertujuan untuk memotivasi dan membuat kita mempertahankan perubahan positif untuk waktu lama.

Agar efektif, target yang ditetapkan harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki batasan waktu. 

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

3. Setel pengingat 

Kita juga dapat mengatur pengingat untuk minum lebih banyak air menggunakan aplikasi atau alarm di ponsel. Misalnya, coba atur pengingat untuk minum beberapa teguk air setiap 30 menit atau atur pengingat untuk menghabiskan segelas air dan mengisinya kembali setiap jam.

Pengingat ini dapat membantu kita meningkatkan asupan air, terutama jika kita sering lupa atau terlalu sibuk untuk minum.

4. Ganti minuman lain dengan air putih

Salah satu cara untuk minum lebih banyak air, dan meningkatkan kesehatan serta mengurangi asupan kalori, adalah dengan mengganti minuman lain, seperti soda dan minuman olahraga, dengan air putih.

Minuman ini seringkali mengandung tambahan gula, yang bisa sangat merugikan kesehatan. Untuk kesehatan optimal, batasi asupan gula tambahan kurang dari 5% dari asupan kalori. 

Selain itu, mengganti minuman manis ini dengan air adalah cara mudah dan murah untuk mengurangi kalori, sehingga berpotensi membantu kita menurunkan berat badan.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur?

5. Minumlah satu gelas air sebelum makan

Cara sederhana lainnya untuk menambah asupan air adalah dengan membiasakan minum satu gelas air sebelum makan. Jika kita makan 3 kali sehari, kebiasaan ini menambah 3 gelas (720 ml) tambahan pada asupan air harian. 

Selain itu, terkadang, tubuh salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu mengetahui apakah kita benar-benar merasa lapar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com