Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Kebiasaan Bangun saat Tengah Malam

Kompas.com - 25/06/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sering terbangun di malam hari membuat istirahat terganggu. Akibatnya, kita bisa kurang tidur, yang berujung pada masalah-masalah lainnya.

Oleh sebab itu, kebiasaan ini sebaiknya diperbaiki agar kita mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Cara mengatasi kebiasaan bangun saat tengah malam

Dilansir dari The Sleep Doctor, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan bangun saat tengah malam.

1. Kurangi penggunaan alat elektronik 

Mengurangi penggunaan perangkat elektronik di tempat tidur dan menjaga kamar tidur tetap sejuk, gelap, dan tenang dapat membantu kita mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Baca juga: Apa Efek Tidak Tidur Selama 24 Jam?

2. Tidak berolahraga sebelum tidur 

Meskipun olahraga teratur bermanfaat untuk tidur, beberapa orang mungkin merasa bahwa olahraga berat yang dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu istirahat malam.

3. Kurangi asupan kafein

Mengonsumsi kafein di malam hari dapat menyebabkan gangguan tidur. Setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadap kafein, jadi ketahui "dosis" yang tepat agar konsumsi kafein tidak menggangu tidur.

4. Jangan minum terlalu banyak sebelum tidur 

Minum cairan dalam jumlah besar tepat sebelum tidur dapat menyebabkan terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Jika sering terbangun karena ingin buang air kecil, pertimbangkan untuk tidak minum sebelum tidur.

5. Atur jadwal tidur siang

Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang efektif untuk beristirahat, tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu istirahat malam.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Tidak Tidur Sama Sekali?

6. Hindari makan besar sebelah tidur 

Jika mengalami asam lambung naik, makan malam besar dan camilan di malam hari dapat meningkatkan gejalanya saat tidur dan dapat menyebabkan terbangun di malam hari.

7. Kelola paparan cahaya

Untuk membantu mengatur siklus tidur-bangun, cobalah menghabiskan waktu beberapa lana di bawah sinar matahari di siang hari dan hindari terlalu banyak cahaya terang di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com