Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komplikasi Diabetes Melitus Bisa Sebabkan Penyakit Apa Saja?

Kompas.com - 16/11/2022, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Penyakit diabetes melitus adalah gangguan kesehatan metabolik yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Selain gejala, penderita juga perlu waspada komplikasi diabetes melitus yang bisa menyebabkan banyak penyakit.

Dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (15/11/2022), diabetes melitus adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh dalam menggunakan gula darah atau glukosa. Sebab, glukosa merupakan sumber energi penting bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan.

Penyebab diabetes melitus bervariasi dan tergantung pada jenisnya. Namun, apapun jenis diabetes yang diderita, kondisi ini dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah.

Terlalu banyak gula dalam darah, maka akan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kadar gula darah yang tinggi, seperti dikutip dari Diabetes UK, dapat seara serius merusak bagian tubuh, termasuk kaki dan mata.

Oleh karenanya, penting untuk mengambil tindakan pencegahan dari penyakit diabetes melitus untuk menghidari ampak buruk diabetes pada kesehatan.

Lantas, apa saja komplikasi diabetes melitus yang harus diwaspadai?

Baca juga: Diabetes Melitus pada Anak, Kenali Gejala, Pencegahan hingga Pengobatan

Jika sudah didiagnosis memiliki diabetes melitus, maka perlunya waspada terhadap komplikasi penyakit yang bisa diakibatkan. Komplikasi diabetes melitus yang serius dapat menumpuk seiring waktu yang dapat menyebabkan kondisi kronis dan akut.

Komplikasi kronis diabetes melitus

Komplikasi penyakit yang kronis akibat diabetes melitus ini adalah masalah jangka panjang yang dapat berkembang secara bertahap, bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak ditangani dan tidak diobati.

1. Masalah mata (retinopati) karena diabetes melitus

Beberapa pasien diebetes yang mengembangkan penyakit mata atau retinopati diabetik dapat mempengaruhi penglihatan mereka.

Jika masalah retinopati diabetik ini dapat diketahui dengan skrining mata. Apabila ditemukan, dapat diobati dan potensi kehilangan penglihatan dapat dicegah.

2. Masalah kaki karena diabetes melitus

Pasien diabetes melitus dapat mengalami masalah kaki yang serius dan dapat menyebabkan amputasi jika tidak diobati.

Komplikasi diabetes melitus yang menyebabkan kerusakan saraf ini dapat mempengaruhi rasa di kaki dan meningkatnya gula darah dapat merusak sirkulasi, sehingga memperlambat penyembuhan luka.

Baca juga: Apa Itu Diabetes Melitus yang Masuk 10 Besar Penyebab Kematian di Dunia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com