Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Semut Api Invasi Hawaii, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 15/11/2022, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Jutaan semut api dilaporkan menginvasi wilayah Kaua'i di Hawaii. Penduduk setempat pun disebut mengalami salah satu infestasi paling luas dalam sejarah pulau tersebut.

Jumlahnya pun tak main-main, diperkirakan mencapai jutaan ekor.

Kasus jutaan semut api invasi Hawaii ini pun menandai serangan terburuk sejak serangga pertama kali terdeteksi di wilayah tersebut pada tahun 1999.

Infestasi sendiri merupakan masuknya serangga penganggu melalui barang-barang yang diangkut oleh moda transportasi, seperti misalnya kapal laut.

Menurut Institut Pertanian Bogor, serangga pengganggu yang biasanya dijumpai adalah lipas, nyamuk, lalat, semut, dan kutu busuk.

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah, Apa Saja?

Sementara itu, jutaan semut api kecil (Wasmannia auropunctata) yang dijumpai di Hawaii melintasi Pasifik dengan menumpang barang-barang impor.

Berdasarkan International Union for Conservation of Nature Invasive Species Specialist Group semut api kecil ini termasuk dalam 100 spesies invasif terburuk di planet ini.

Dikutip dari IFL Science, Selasa (15/11/2022) jumlah semut-semut api yang melonjak sedemikan rupa, membuat manusia dan satwa liar hampir tak mungkin untuk menghindari sengatan.

"Mereka (semut api) mengubah cara hidup penduduk kami di Hawaii. Dulu kami bisa pergi hiking dan pergi ke pantai, tapi kini mereka bisa menghujani dan menyengat kami," kata Heather Forester dari Hawaii Ant Lab.

Baca juga: Semut Ini Mengobati Kawanannya yang Terluka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com