Kompas.com - 30/09/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com- Semut Matabele Afrika (Megaponera analis) harus bertaruh nyawa dan bahkan berpotensi terluka saat berburu rayap untuk makanannya. Namun, ada hal menarik dan unik yang diamati dari cara semut ini mengobati kawannya yang terluka.

Sebuah studi mengungkap, saat mereka terluka, akan ada semut lain yang membantu merawat mereka.

Dikutip dari Phys, Kamis (29/9/2022) Erik Frank, peneliti dari Julius Maximilians University di Wurzburg yang telah mempelajari serangga memperhatikan bahwa semut menjilati semut lain yang terluka, misalnya kaki yang terpotong.

Perilaku ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi, dan semut yang merawat kemungkinan menggunakan zat antimikroba.

"Dalam zat yang digunakan kami menemukan lebih dari seratus komponen kimia dan 41 protein. Dari sekitar setengahnya kami sudah dapat membuktikan bahwa zat memiliki kualitas antimikroba," papar Frank.

Zat-zat itu menurutnya sangat efisien, sekitar 90 persen semut yang dirawat ditemukan sembuh.

Dalam studinya yang dilakukan selama tiga tahun, Frank menemukan semut menghasilkan zat dalam kelenjar seperti kantong di belakang dada mereka, disebut kelenjar metapleural.