Kompas.com - 30/09/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com- Semut Matabele Afrika (Megaponera analis) harus bertaruh nyawa dan bahkan berpotensi terluka saat berburu rayap untuk makanannya. Namun, ada hal menarik dan unik yang diamati dari cara semut ini mengobati kawannya yang terluka.

Sebuah studi mengungkap, saat mereka terluka, akan ada semut lain yang membantu merawat mereka.

Dikutip dari Phys, Kamis (29/9/2022) Erik Frank, peneliti dari Julius Maximilians University di Wurzburg yang telah mempelajari serangga memperhatikan bahwa semut menjilati semut lain yang terluka, misalnya kaki yang terpotong.

Perilaku ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi, dan semut yang merawat kemungkinan menggunakan zat antimikroba.

"Dalam zat yang digunakan kami menemukan lebih dari seratus komponen kimia dan 41 protein. Dari sekitar setengahnya kami sudah dapat membuktikan bahwa zat memiliki kualitas antimikroba," papar Frank.

Zat-zat itu menurutnya sangat efisien, sekitar 90 persen semut yang dirawat ditemukan sembuh.

Dalam studinya yang dilakukan selama tiga tahun, Frank menemukan semut menghasilkan zat dalam kelenjar seperti kantong di belakang dada mereka, disebut kelenjar metapleural.

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah, Apa Saja?

Semut yang berperan sebagai penolong atau yang akan mengobati kawannya yang terluka ini, kemudian akan mengambil zat-zat tersebut dengan kakinya kemudian memasukkan ke mulut baru setelah mengoleskan lukanya pada semut yang terluka.

Hingga saat ini, diasumsikan hanya manusia yang mampu mendiagnosis infeksi dan selanjutnya mengobati luka dengan zat antimikroba. Namun, ternyata studi pada semut mengungkap hal di luar dugaan dan sejauh ini merupakan hal yang unik di dunia hewan.

Frank juga mengamati semut Eciton yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Penyembuhan luka oleh semut lain juga telah ditemukan pada semut ini.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.