Kompas.com - 29/09/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Sebelum tenggelam akibat menabrak gunung es, kapal Titanic diketahui telah mendapatkan peringatan dari kapal lain.

Pada tahun 1912, kapal uap pedagang SS Mesaba sedang melintasi Atlantik dan mengirim pesan radio peringatan ke Titanic.

Pesan itu diterima tetapi tidak diindahkan, sehingga pada malamnya, Titanic yang digadang-gadang sebagai kapal yang tak bisa tenggelam menabrak gunung es dan tenggelam dalam pelayaran perdananya.

Baca juga: Penampakan Kapal Titanic yang Tenggelam 110 Tahun Lalu, Terekam Detail

Kejadian itu merenggut 1.500 nyawa dan menjadi kapal karam paling terkenal di dunia.

Sementara itu SS Mesaba masih melanjutkan tugasnya sebagai kapal dagang selama enam tahun berikut. Sayangnya, kapal kemudian tenggelam karena ditembak torpedo pada tahun 1918.

Setelah beberapa tahun, peneliti pun akhirnya mencoba mengungkap keberadaan SS Mesaba.

Mengutip Phys, Kamis (29/9/2022) dengan menggunakan sonar multibeam yang canggih, peneliti dari Bangor University akhirnya dapat mengindentifikasi bangkai kapal tersebut dan mengungkap posisinya untuk pertama kali.

Bagi arkeolog kelautan, sonar multibeam memiliki potensi yang berdampak layaknya penggunaan foto udara untuk arkeologi lanskap.

Sonar multibeam memungkinkan pemetaan dasar laut dengan sedemikian rupa sehingga struktur dapat secara detail terungkap pada gambar sonar.

Setelah dilakukan pemindaian dan dirujuk silang dengan database bangkai kapal dan sumber lainnya dari Kantor Hidrografi Inggris, peneliti menyebut bahwa SS Mesaba tenggelam di Laut Irlandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.