Kompas.com - 29/09/2022, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkap anjing mampu mendeteksi seseorang yang sedang dalam kondisi stres.

Seseorang yang stres diketahui memiliki perubahan fisiologis, seperti misalnya pada napas dan keringatnya.

Anjing dalam hal ini mampu mendeteksi perubahan tersebut dengan akurasi 93,75 persen.

Baca juga: Anjing Menangis Saat Bertemu Kembali dengan Pemiliknya

Hasil temuan tesebut kemudian dipublikasikan di jurnal akses terbuka PLOS ONE oleh Clara Wilson dari Queen's University Belfast, di Inggris bersama rekan-rekannya.

Mengutip Phys, Kamis (29/9/2022) bau yang dikeluarkan oleh tubuh merupakan sinyal kimia yang telah berevolusi sebagai bagian untuk komunikasi.

Para peneliti pun lantas bertanya-tanya, apakah anjing dapat merasakan sinyal tersebut, mengingat hewan berbulu ini memiliki indra penciuman yang luar biasa.

Dalam studi terbaru, peneliti kemudian mengumpulkan sampel napas dan keringat dari orang non-perokok yang tak makan dan minum dalam waktu dekat.

Sampel dikumpulkan sebelum dan sesusah tugas aritmatika yang serba cepat, bersama dengan tingkat stres yang dilaporkan sendiri dan ukuran fisiologis objektif seperti detak jantung (HR) dan tekanan darah (BP).

Empat anjing dari ras berbeda kemudian dilatih untuk menemukan sampel stres peserta.

Hasilnya, anjing mampu mendeteksi sampel dari peserta yang mengalami peningkatan stres karena tugas, serta mengalami peningkatan detak jantung, dan tekanan darah selama tugas.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.