Badai Matahari Mengejutkan dengan Potensi Gangguan Telah Menghantam Bumi

Kompas.com - 01/07/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Badai matahari menghantam bumi tanpa peringatan, telah terjadi tepat sebelum tengah malam UTC pada 25 Juni dan berlanjut hampir sepanjang 26 Juni lalu.

Peristiwa ini mengejutkan para ilmuwan, yang mengklasifikasikannya sebagai badai kelas G1.

Atas klasifikasi tersebut, mengartikan bahwa badai matahari cukup kuat untuk membuat fluktuasi jaringan listrik yang lemah, menyebabkan dampak kecil pada operasi satelit, mengganggu kemampuan navigasi beberapa hewan yang bermigrasi, dan menyebabkan aurora yang sangat kuat.

Badai matahari yang tak terduga ini bertepatan dengan puncak fenomena lima planet sejajar yang sangat langka, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, berbaris di langit dalam urutan kedekatannya dengan matahari, yang belum pernah terjadi sejak 1864.

Baca juga: Fenomena Langka 5 Planet Akan Sejajar Besok, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Aurora

Peristiwa badai matahari menghantam bumi ini tidak sengaja diabadikan oleh para astronom, yang menangkap gambar aurora saat melakukan photobomb planet sejajar. Tertangkap aurora terang di Calgary, Kanada, yang melintas di langit fajar di depan penyelarasan lima planet pada 26 Juni.

"Aurora menjadi (terlihat oleh) mata telanjang dengan pilar-pilar yang indah, dan berlangsung selama sekitar 5 menit," kata Thomas.

Aurora terjadi saat partikel bermuatan dari angin matahari menabrak molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer atas bumi, yang mengionisasi molekul-molekul itu dan menyebabkannya bersinar.

Biasanya, aurora terbatas pada daerah di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan, di mana medan magnet bumi yang biasanya membelokkan partikel-partikel ini berada pada tingkat paling lemah.

Namun selama badai matahari terjadi, aurora dapat menjadi lebih terang dan terlihat pada garis lintang yang jauh lebih rendah dari biasanya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.