Kompas.com - 30/06/2022, 17:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Asam nukleat adalah molekul pembawa informasi utama dari sel. Dengan mengarahkan proses sintesis protein, asam nukleat menentukan karakteristik yang diwariskan dari setiap makhluk hidup.

Mengutip National Human Genome Research Institute, asam nukleat terbuat dari basa yang mengandung nitrogen, gugus fosfat, dan molekul gula.

Ada dua penggolongan utama asam nukleat, yakni asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA). DNA adalah materi genetik pada semua organisme, sedangkan RNA adalah materi genetik virus, tetapi juga ditemukan di semua sel hidup.

Dilansir dari Sciencing, pada tahun 1953, tim ilmuwan secara akurat menggambarkan struktur DNA. Mereka mengetahui bentuk tiga dimensi DNA yang menyerupai heliks ganda dan, yang tidak kalah penting, memahami bahwa DNA adalah “cetak biru” bagi semua organisme.

Setiap jenis asam nukleat memiliki struktur yang khas dan memainkan peran yang berbeda di dalam sel. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi asam nukleat.

Baca juga: Fungsi Sel Darah Putih Berdasarkan Jenisnya

Fungsi asam nukleat

Setiap jenis asam nukleat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mengutip News Medical & Life Science, berikut adalah fungsi asam nukleat berdasarkan jenisnya:

Fungsi asam nukleat DNA

DNA berfungsi untuk menyimpan dan mengodekan informasi genetik dalam tubuh. Struktur DNA memungkinkan informasi genetik yang diwariskan oleh orangtua kepada anaknya.

Nukleotida adenin, timin, guanin, dan sitosin yang ada dalam DNA hanya akan berpasangan dalam urutan tertentu. Setiap kali sel menduplikasi, untai DNA dapat menentukan urutan di mana nukleotida seharusnya berada.

Dengan demikian, salinan DNA yang akurat dapat dibuat dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Fungsi asam nukleat RNA

RNA memiliki peran penting dalam sintesis protein dan mengatur ekspresi informasi yang disimpan dalam DNA untuk membuat protein. Berikut adalah beberapa fungsi RNA:

Baca juga: Perbedaan Struktur antara Sel Prokariotik dan Eukariotik

  • Menciptakan sel-sel baru di dalam tubuh.
  • Menerjemahkan DNA menjadi protein.
  • Bertindak sebagai pembawa pesan antara DNA dan ribosom.
  • Membantu ribosom memilih asam amino yang tepat untuk membuat protein baru dalam tubuh.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.