Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Langka 5 Planet Akan Sejajar Besok, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Kompas.com - 03/06/2022, 19:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fenomena langka, lima planet secara bersamaan akan sejajar, yang disebut fenomena konjungsi kuintet. Fenomena langit, konjungsi kuintet ini akan terjadi besok, Sabtu (4/6/2022).

Kelima planet yang akan menampakkan diri dan sejajar dalam konjungsi kuintet di langit esok pagi adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

“Betul, mulai tanggal 4 Juni, besok pagi ada konfigurasi 5 planet yang sejajar mungkin bisa disebut konjungsi kuintet. Akan tetapi jaraknya antara Venus dan Mars saling berjauhan,” ujar Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Andi menambahkan, konjungsi kuintet sudah dimulai sejak tanggal 4 Juni dan berakhir pada 19 Juni mendatang, sehingga ada 15 hari pengamatan.

Lebih lanjut, pengamatan berada di arah timur, mulai subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit sampai akhir dari fajar bahari, sekitar 24 menit sebelum matahari terbit.

Baca juga: Fenomena Langka 90 Tahun Sekali saat Venus, Saturnus, dan Jupiter Terlihat Sejajar di Langit

Setelah itu, dilanjutkan dengan fenomena konjungsi sektet atau enam benda langit pada 20 Juni sampai tanggal 27 Juni 2022.

“Ada 8 hari (pengamatan), itu konjungsi sekstet atau parade langit. Ada 6 benda langit di sini, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan,” papar Andi.

Sehingga, akan ada 6 objek yang berlangsung selama 8 hari dengan arah masih sama, yakni arah timur dan disaksikannya mulai subuh fajar astronomis, 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

Kemudian, pada 28-30 Juni, fenomena akan kembali lagi ke konjungsi kuintet atau konfigurasi 5 planet yang sejajar.

Fenomena langka konjungsi lima planet ini antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Baca juga: Fenomena Langka: Bulan, Jupiter, dan Saturnus Sejajar hingga Malam Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com