Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2022, 16:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber byjus.com

KOMPAS.comDinding sel pada sel tumbuhan merupakan organ yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Walaupun kecil, namun fungsi dinding sel ini sangat signifikan.

Apa itu dinding sel pada tumbuhan?

Dinding sel pada tumbuhan adalah organel yang bersifat permeabel. Dinding ini memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar sel. Selain itu, dinding sel juga berperan untuk menjaga bentuk sel dan sebagai perlindungan untuk organel lainnya di dalam sel.

Dinding sel pada tumbuhan hanya terdapat pada tumbuhan eukariotik, fungi, dan beberapa tumbuhan prokariotik. Penyusun dinding sel berbeda-beda pada setiap organisme tergantung zat penyusunnya.

Struktur dinding sel pada tumbuhan

Menurut komponen penyusunnya, dinding sel pada tumbuhan terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan dalam dan lapisan luar. Lapisan dalam tersusun atas peptidoglikan, sedangkan lapisan luar terdiri dari lipoprotein dan lipopolisakarida.

Sedangkan menurut fungsi dan sifatnya, dinding sel terbagi menjadi tiga lapisan: dinding sel primer, lamela, dan dinding sel sekunder.

Dinding sel primer adalah lapisan yang paling dalam dan yang pertama kali terbentuk pada sel. Komponen utamanya adalah selulosa yang membuat sel bisa melebar untuk pertumbuhan sel. Lapisan ini sangat tipis dan bersifat permeabel.

Lamela adalah lapisan dinding sel yang paling luar. Komponen penyusun utamanya adalah pektin dan berfungsi untuk menempelkan satu sel dengan sel yang lainnya.

Dinding sel sekunder adalah lapisan yang baru akan terbentuk ketika sel sudah matang atau dewasa. Lapisan ini tersusun atas selulosa dan lignin. Sifat lapisan dinding sel sekunder ini adalah tebal, namun tetap permeabel.

Baca juga: Ciri-ciri Sel Tumbuhan

Fungsi dinding sel pada tumbuhan

Fungsi utama dinding sel pada sel tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Mempertahankan bentuk sel dan menjadi kekuatan sel
  • Memberikan perlindungan terhadap stres mekanis dan stres fisik serta lingkungan luar
  • Mencegah kehilangan cairan
  • Mengontrol ukuran sel ketika menyerap air
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com