Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2022, 20:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Eksplorasi planet Mars terus dilakukan para ilmuwan dunia. Studi baru menemukan bahwa tanah di Mars menunjukkan kondisi layak huni untuk kehidupan jangka panjang. 

Apakah pernah ada kehidupan di Mars?

Itu adalah salah satu pertanyaan terbesar yang kita miliki tentang planet tetangga kita tersebut. Penelitian pun terus dilakukan untuk mengungkap pertanyaan tersebut.

Kini penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa satu bagian dari planet merah itu ternyata dapat menampung kehidupan beberapa kali selama miliaran tahun.

Kesimpulan itu didapat melalui studi menyeluruh terhadap gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter, wahana pengorbit yang didesain untuk mengelilingi dan memeriksa kandungan tanah di Mars secara lebih detail.

Baca juga: Ilmuwan: Pencarian Bukti Kehidupan di Mars Bisa Tertipu Fosil Palsu, Kok Bisa?

Seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (26/6/2022) berdasarkan gambar tersebut para ilmuwan planet mengidentifikasi sedimen yang mengandung tanah liat di Ladon Valles utara, cekungan Ladon selatan, dan dataran tinggi barat daya di sekitar cekungan Ladon di Planet Mars

Semuanya merupakan bagian dari area Margaritifer Terra, wilayah Mars kuno yang sangat berkawah. Tanah liat tersebut menunjukkan keberadaan air dalam jangka panjang karena terbentuk di bawah kondisi pH netral dengan penguapan air minimal.

Tanah di Mars tunjukkan kondisi layak huni menurut tim peneliti, didasarkan pada air mengalir di tempat tersebut dari sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu hingga sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu. 

"Selain itu, sedimen berlapis warna-warni berwarna terang yang menunjukkan kemiringan lapisan yang relatif rendah dan mengandung tanah liat di jarak 200 kilometer adalah bukti bahwa sebuah danau kemungkinan besar ada di dalam cekungan Ladon dan Ladon Valles utara," kata Catherine Weitz, seorang ilmuwan senior di Planetary Science Institute di Arizona.

Meski temuan studi bahwa tanah di Mars layak huni, namun ini bukan merupakan bukti kehidupan, tetapi itu menunjukkan kondisi yang mungkin mendukung kehidupan.

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com