Kompas.com - 08/04/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia, untuk menjalankan ibadah puasa. Kendati tidak diwajibkan secara agama, banyak ibu hamil yang turut berpuasa selama Ramadhan.

Lantas, bolehkan ibu hamil puasa? 

Menurut dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, dr Cepi Teguh Pramayadi, Sp.OG (K) FER MARS, sebelum berpuasa, ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Ibu hamil, kata dr Cepi, sebenarnya diperbolehkan untuk berpuasa.

Adapun beberapa kondisi ibu hamil yang tidak dianjurkan untuk berpuasa di antaranya ibu dengan penyakit gula, darah tinggi, lemas, mual muntah karena berisiko dehidrasi, maag atau penyakit lambung, anemia, flek atau pendarahan, serta faktor risiko lainnya yang akan dinilai dokter kandungan.

"Dikatakan dalam beberapa penelitian, pada kehamilan trimester 1 bayi sangat membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang pesat di usia kehamilan awal. Maka sebaiknya puasa tidak dilakukan pada trimester 1," ujar dr Cepi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Penelitian lain menyebutkan ibu hamil berpuasa relatif aman jika dilakukan pada trimester 2, dan kandungan yang sehat.

Baca juga: Studi: Ibu Hamil dengan Penyakit Menular Seksual Berisiko Lahirkan Bayi Prematur

Namun, dia menekankan agar ibu hamil yang ingin berpuasa di bulan Ramadhan ini, sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar dapat dinilai kondisinya. 

Dokter Cepi membeberkan sejumlah manfaat puasa bagi ibu hamil, meliputi:

  • Membantu mengontrol berat badan pada ibu hamil yang umumnya meningkat
  • Dapat memperbaiki metabolisme tubuh
  • Mengurangi risiko sakit diabetes pada kehamilan, karena berpuasa dapat menurunkan gula darah, serta meningkatkan kerja insulin

Sama seperti hari lainnya, ibu hamil yang ingin berpuasa harus tetap memenuhi nutrisi dengan baik saat sahur maupun berbuka. Anda perlu memastikan makanan yang dikonsumsi dalam jumlah cukup dan bergizi, dalam artian 4 sehat 5 sempurna.

"Pilih makanan yang mengandung protein hewani, protein nabati, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral agar kebutuhan gizi bayi akan terpenuhi," terangnya.

Dia menambahkan, pastikan ibu hamil minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Kemudian, tetap minum vitamin kehamilan atau susu hamil sesuai dosis yang dianjurkan.

Tips berpuasa bagi ibu hamil

Dijelaskan dr Cepi, saat masa kehamilan ibu memiliki risiko mengalami dehidrasi serta anemia. Oleh karena itu, tips puasa bagi ibu hamil, disarankan untuk minum air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa yaitu sekitar 2.500 hingga 3.000 ml per hari.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa, Asalkan...

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.