Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megalosaurus, Dinosaurus Pertama yang Ditemukan

Kompas.com - 04/04/2022, 04:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comMegalosaurus merupakan dinosaurus yang sangat berkesan bagi para ahli paleontologi karena ini merupakan dinosaurus yang pertama ditemukan.

Penemuan megalosaurus

Megalosaurus pertama kali diberi nama oleh William Buckland pada tahun 1822. Penamaan ini berasal dari sekumpulan fosil yang ditemukan di Inggris pada tahun 1815, mulai dari bagian tulang belakang, pinggul, tungkai, rahang bawah, dan gigi.

Sebenarnya, pada tahun 1676, fragmen fosil pertama telah ditemukan. Kala itu, Robert Plot, seorang profesor di Oxford University, mengira fragmen tulang tersebut merupakan bagian dari tulang paha manusia. Ia menyebutnya sebagai manusia raksasa.

Pada tahun 1763, potongan tulang tersebut dinamakan “Scrotum humanum” olek Richard Brookes. Beliau menamakannya demikian karena potongan ujung tulang tersebut berbentuk seperti skrotum manusia. Namun, teorinya ini tidak pernah diakui oleh dunia.

Barulah pada tahun 1815, Buckland mengumpulkan lebih banyak fosil dari tempat yang sama dengan penemuan fosil pertama kali tersebut. Ia menemukan bahwa ini bukan tulang manusia.

Fosil ini diketahui berasal dari zaman Jurassic Tengah atau sekitar 170 sampai 150 juta tahun lalu. Nama megalosaurus sendiri berarti “kadal besar”. Walaupun penyebutan kadal menjadi kontroversi karena hewan ini tidak bisa disebut sebagai kadal.

Setelah penelitian lebih lanjut, nama lengkap spesiesnya menjadi Megalosaurus bucklandii. Nama latin ini diberikan oleh Gideon Mantell pada tahun 1827.

Morfologi

Dari bentuk gigi dan rahangnya, para ahli meyakini bahwa megalosaurus adalah karnivora atau pemakan daging. Megalosaurus adalah karnivor terbesar yang hidup di zaman Jurassic Tengah. Walaupun begitu, ukurannya hanya satu per empat dari karnivora terbesar yaitu Tyrannosaurus rex atau T-rex.

Tinggi tubuh megalosaurus diperkirakan sekitar 3 meter dengan panjang hingga ekor mencapai 9 meter. Dinosaurus ini bipedal atau berdiri dengan dua kaki. Ia juga memiliki dua tangan yang pendek dengan jari-jari bercakar untuk menggenggam.

Baca juga: Ini Dia Dinosaurus Terakhir di Bumi

Dinosaurus pertama yang dipamerkan

Replika dinosaurus pertama yang dipamerkan untuk umum adalah megalosaurus. Replika tersebut dipamerkan pada pameran The Crystal Palace pada tahun 1851 bersama dengan replika iguanodon.

Sayangnya, replika tersebut tidak akurat. Megalosaurus digambarkan sebagai hewan besar yang berdiri dengan empat kaki dan memiliki punuk di punggungnya. Rekonstruksi bentuk tubuh megalosaurus terus dilakukan para ahli, bahkan hingga abad ke 20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com