Kompas.com - 21/01/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Arkeolog berhasil mengidentifikasi sedotan minuman tertua yang pernah diketahui.

Sedotan berusia 5000 tahun tersebut berbentuk pipa panjang kecil yang terbuat dari perak dan emas. Kemungkinan sedotan digunakan untuk minum bir di kapal.

Mengutip Phys, Kamis (20/1/2022) sedotan ini awalnya ditemukan pada tahun 1897 di Maikop Kurgan di Kaukus yang merupakan salah satu kuburan elit Zaman Perunggu paling terkenal dari wilayah tersebut.

Baca juga: Bir dan Keju Jadi Camilan Manusia Sejak 2700 Tahun Lalu

Kuburan diketahui berisi tiga individu serta ratusan benda berharga, termasuk di dalamnya adalah delapan pipa yang masing-masing panjangnya lebih dari satu meter.

Namun penelitian sebelumnya mengidentifikasi jika pipa-pipa ini merupakan tongkat kerajaan atau mungkin tiang untuk kanopi.

Pipa-pipa itu kemudian disimpan di Museum Hermitage, St Petersburg, namun apa fungsi benda tersebut tak diketahui. Hingga akhirnya penelitian baru berhasil mengungkapnya.

"Titik awalnya adalah ditemukannya butiran pati barley pada bagian salah satu sedotan. Ini memberikan bukti material langsung bahwa pipa ini digunakan untuk minum," kata penulis utama studi Dr. Viktor Trifonov dari Institute for the History of Material Culture, Russian Academy of Sciences, St Petersburg.

Secara khusus, ini menunjukkan pula bahwa sedotan digunakan untuk minum bir.

"Jika interpretasinya benar, perangkat mewah ini akan menjadi sedotan paling awal karena usianya lebih dari 5000 tahun," ungkap Dr. Viktor.

Dalam studinya ini, peneliti menggunakan referensi dari peradaban Sumaria Mesopotamia awal.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.