Kompas.com - 20/01/2022, 17:02 WIB
Fosil tanaman Florigerminis jurassica yang memiliki kuncup bunga (ditandai dengan panah putih), Diyakini sebagai kuncup bunga tertua yang pernah ditemukan dan diketahui berusia 164 juta tahun lalu dari zaman Jurrasic di China.


NIGPAS via LIVE SCIENCEFosil tanaman Florigerminis jurassica yang memiliki kuncup bunga (ditandai dengan panah putih), Diyakini sebagai kuncup bunga tertua yang pernah ditemukan dan diketahui berusia 164 juta tahun lalu dari zaman Jurrasic di China.


KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan contoh paling awal kuncup bunga. Temuan itu berasal dari analisis sebuah fosil bunga yang diyakini sebagai kuncup bunga tertua yang pernah ditemukan.

Kuncup bunga tersebut merupakan bagian dari fosil tanaman berusia 164 juta tahun di China yang kemudian diberi nama Florigerminis jurassica.

Temuan kuncup bunga tertua ini pun memberikan wawasan mengenai munculnya tanaman berbunga di periode Jurassic, yakni antara 145 juta hingga 201 tahun yang lalu.

Mengutip Live Science, Kamis (20/1/2022) fosil F. jurrasica ditemukan di wilayah Mongolia bagian dalam yang menjadi bagian China.

Baca juga: Selain Bunga Telang, Inilah 5 Bunga yang Aman untuk Dimakan

 

Fosil kuncup bunga tertua tersebut memiliki ukuran panjang 4,2 cm dan lebar 2 cm. Fosil terdiri dari batang, cabang berdaun, buah bulat, serta kuncup bunga kecil berukuran sekitar 3 mm persegi.

Kuncup bunga dan buah dalam fosil itu pun menjadi indikator yang jelas bahwa F.jurassica adalah angiosperma dan bukan gymnospermae yang merupakan jenis tanaman dominan selama periode Jurassic.

Sebagai informasi ada dua jenis tanaman, yaitu tanaman berbunga yang dikenal sebagai angiospermae dan tanaman tak berbunga yang dikenal sebagai gymnospermae.

Apa yang kemudian membuat temuan fosil kuncup bunga tertua yang pernah ditemukan ini menjadi menarik adalah bukti sebelumnya yang menunjukkan bahwa angiospermae baru muncul ketika periode Kapur, antara 66 juta hingga 145 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Rupa Bunga 100 Juta Tahun Lalu Terungkap, Ini Penampakannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.