Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 14:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hiu kerap dijuluki sebagai "fosil hidup". Pasalnya, hiu pertama muncul dalam catatan fosil kira-kira 450 juta tahun yang lalu dan telah hidup melalui lima kepunahan massal, termasuk masa kepunahan dinosaurus nonavian.

Selain berumur panjang sebagai kelompok, hiu sebagai individu juga memiliki rentang hidup yang panjang. 

Lintang, berapa lama hiu bisa bertahan hidup dan berapa usia hiu tertua yang pernah tercatat? 

Dilansir dari Live Science, pada skala umur panjang yang lebih rendah, hiu martil besar (Sphyrna mokarran) hidup sekitar 44 tahun, meskipun seekor hiu martil besar yang ditangkap oleh nelayan di Florida diperkirakan berumur 50 tahun.

Baca juga: Cara Hiu Berkembang Biak

Menurut sebuah studi tahun 2014 di jurnal PLOS One, hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dapat hidup hingga 70 tahun. 

Tetapi, dari semua spesies hiu, spesies yang paling menonjol karena rentang hidupnya yang lama adalah Hiu Greenland (Somniosus microcephalus).

"Hiu Greenland adalah spesies hiu yang hidup paling lama sejauh ini," ujar Brynn Devine, ahli biologi kelautan di University of Windsor, Ontario, sekaligus pakar konservasi hiu Greenland

Hiu Greenland menjelajahi dasar laut di Atlantik Utara dan Arktik. Hiu besar ini, beberapa di antaranya seukuran hiu putih besar, benar-benar spesies luar biasa.

"Hiu Greenland bukan hanya hiu tertua," kata Devine, "tetapi mereka mungkin hewan vertebrata tertua."

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Kesalahan Identifikasi Mangsa Bikin Hiu Gigit Manusia

Dalam sebuah studi tahun 2016 di Jurnal Science, para peneliti menentukan, usia rata-rata sekelompok 28 hiu Greenland dalam sampel yang mereka gunakan adalah 272 tahun dan yang tertua dalam kelompok itu diperkirakan berusia 392 tahun. 

Meski demikian, tercatat bahwa hiu tertua usianya lebih dari itu, yakni mencapai 512 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com