Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tertua di Dunia, Usianya Hampir 5.000 Tahun

Kompas.com - 22/11/2021, 09:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Ternyata pohon bisa hidup sangat lama hingga hampir 5.000 tahun. Banyak jenis pohon yang bisa hidup dengan umur yang panjang hingga ratusan tahun. Namun, tidak banyak yang bisa hidup hingga ribuan tahun. Berikut adalah pohon tertua di dunia.

Methuselah berusia 4.853 tahun

Pohon tertua di dunia adalah Methuselah. Methuselah adalah nama yang diberikan pada pohon pinus bristlecone yang berumur 4.853 tahun. Pohon ini memiliki nama latin Pinus longaeva.

Pohon Methuselah berada di White Mountains, California, Amerika Serikat. Lokasi detailnya dirahasiakan untuk melindungi pohon tertua ini dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Pohon ini ditemukan pada tahun 1957 oleh Dr. Edmund Schulman. Usia pohon ini dikonfirmasi kembali oleh dendrokronologis bernama Tom Harlan pada tahun 2013. Tom Harlan menguji sampel pohon tersebut di Laboratory of Tree-Ring Research di University of Arizona.

Tidak hanya memeriksa sampel dari Methuselah, Harlan juga memeriksa sampel yang diambil oleh Schulman dari White Mountain yang belum sempat diperiksa usianya hingga Schulman wafat. Diketahui bahwa sampel pohon kedua memiliki usia 5.070 tahun per 2021.

Baca juga: Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia yang Hampir Ditebang

Pohon bristlecone pine ini bisa hidup dengan umur panjang karena lingkungan tempat tinggalnya. Suhu di habitatnya sangat dingin dengan angin yang kencang.

Ini membuat pohon ini tumbuh dengan lambat dan menghasilkan kayu yang padat, bahkan sangat padat sehingga tidak tampak aja pertambahan cincin pertumbuhan. Kayunya yang sangat padat juga membuat pohon ini tahan terhadap serangga, jamur dan erosi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com