Kompas.com - 20/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Saat varian Delta menjadi strain dominan di Amerika Serikat, baik infeksi alami maupun vaksinasi sama-sama membantu memberikan perlindungan diri terhadap Covid-19.

Kendati begitu, penelitian yang diterbitkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada 19 Januari 2022, menegaskan bahwa vaksinasi menjadi cara teraman untuk melindungi diri dari virus corona.

Penelitian dilakukan menggunakan data sebelum munculnya gelombang Omicron di AS dan belum ada vaksin booster tersedia secara luas.

Melansir CNN, CDC menyampaikan akan menerbitkan data tambahan mengenai vaksin, booter, dan varian Omicron pada akhir pekan ini.

“Meskipun epidemiologi Covid-19 mungkin berubah saat varian baru muncul, vaksinasi tetap menjadi strategi teraman untuk mencegah infeksi SARS-CoV-2 di masa mendatang, rawat inap, sisa gejala jangka panjang, dan kematian,” tulis peneliti.

Baca juga: Booster Johnson & Johnson Efektif 85 Persen Kurangi Rawat Inap, Studi Jelaskan

Analisis penelitian

Para peneliti melakukan analisis risiko infeksi Covid-19 dan rawat inap di antara kelompok individu yang divaksin dengan dan tanpa infeksi sebelumnya, serta kelompok individu yang tidak divaksinasi dengan dan tanpa infeksi sebelumnya.

Data studi dari sekitar 1,1 juta kasus di California dan New York antara akhir Mei dan pertengahan November 2021, data rawat inap hanya tersedia di wilayah California.

Secara keseluruhan, kasus infeksi corona dan tingkat rawat inap tertinggi nampak pada orang yang tidak divaskinasi dan tak memiliki riwayat infeksi corona sebelumnya.

Pada awalnya, orang yang mempunyai riwayat infeksi mempunyai tingkat kasus yang lebih tinggi dibandingkan orang yang divaskinasi dan tidak memiliki riwayat terpapar virus.

Akan tetapi, saat varian Delta menjadi dominan di AS pada bulan-bulan berikutnya, ini bergeser dengan orang-orang yang selamat dari infeksi sebelumnya mempunyai tingkat kasus yang lebih rendah dibandingkan orang yang hanya divaksinasi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.